BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil BRI Liga 1: Persija Jakarta Redam Perlawanan Persikabo

03-12-2021 22:48 | Dimas Ardi Prasetya

Andritany Ardhiyasa (kanan) berusaha menghalau bola sepakan Ciro Henrique Alves di laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022 antara Persija Jakarta vs Persikabo 1973 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (03/12/2021). (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi
Andritany Ardhiyasa (kanan) berusaha menghalau bola sepakan Ciro Henrique Alves di laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022 antara Persija Jakarta vs Persikabo 1973 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (03/12/2021). (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Persija Jakarta berhasil meraih poin penuh saat berduel lawan Persikabo 1973 di pekan ke-15 BRI Liga 1 2021-22 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (03/12/2021).

Gol tunggal Rohit Chand di menit 50 jadi pembeda di laga ini. Tambahan tiga poin membuat Persija memutus tren negatif. Karena dua laga sebelumnya, mereka kalah dari Bali United dan Borneo FC.

Tambahan tiga poin ini membuat Persija berada di urutan sembilan dengan 21 poin. Sementara Persikabo masih tertahan di posisi 13 dengan nilai 15.

1 dari 3 halaman

Babak Pertama

Di awal pertandingan, kekuatan dua tim terlihat berimbang. Perlahan tapi pasti, Persija mulai mengambil alih permainan di pertengahan babak pertama. Namun serangan yang dibangun masih sering mentah.

Absennya sayap gesit, Riko Simanjuntak karena akumulasi membuat Persija sangat kehilangan. Karena tak ada tusukan dan umpan manja untuk lini depan Persija.

Sedangkan Persikabo tampil lebih disiplin dan mengandalkan serangan balik. Namun masih belum ada peluang emas yang didapat kedua tim hingga pertengahan babak pertama.

Di menit 31, Persija harus kehilangan bek kirinya, Rezaldi Hehanusa yang mengalami cedera. Perubahan strategi dilakukan. Pelatih Persija, Angelo Alessio memasukkan gelandang serang Braif Fatari. Sedangkan Tony Sucipto yang awalnya jadi gelandang bertahan digeser jadi bek kiri.

Saat Persija melakukan adaptasi perubahan skema, Persikabo dapat peluang emas menit 33. Bermula dari kiper Persija, Andritany yang memberikan umpan bek kanan, tapi bola bisa dicuri Hendra Bayauw.

Untungnya finishing Bayauw masih bisa dihadang Andritany. Menit 36 giliran sayap Persikabo, Ciro Alves yang nyaris mencetak gol. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti melambung tipis di atas mistar Persija.

Baru di pengujung babak pertama, Persija mulai bisa keluar dari tekanan. Mereka dapat beberapa peluang lewat tendangan sudut. Osvaldo Haay sempat memiliki peluang didalam kotak penalti. Tapi tembakannya belum menemui sasaran. Hingga babak pertama usai, skor tanpa gol masih bertahan.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Babak kedua, tempo mulai naik. Menit 50, sebuah kesalahan dilakukan pemain Persikabo, Gilang Ginarsa. Dia coba memberikan bola kepada kiper Diky Indrayana. Tapi bola yang meluncur ke depan kotak penalti berhasil dikejar Rohit Chand.

Meski diganggu Andy Setyo, dengan tenang Rohit bisa melepaskan tendangan congkel yang meluncur ke dalam gawang. Persija unggul 1-0.

Beberapa menit berselang, Persikabo coba mengejar ketertinggalan. Ciro Alves beberapa kali melepaskan tendangan keras. Tapi bola masih belum menemui sasaran. Begitu juga dengan tandukan Manahati Lestusen di menit 56. Bola masih tipis di atas mistar gawang.

Persikabo lebih ngotot setelah tertinggal. Mereka punya lebih banyak peluang ketimbang Persija. Sebuah crossing Hendra Bayauw nyaris membuat skor imbang. Tapi bola lambung itu masih menyentuh mistar dan keluar lapangan.

Menit 76, Persija melakukan penyegaran di lini depan. Rangga Widiansyah dan Taufik Hidayat dimasukkan. Mereka menggantikan Osvaldo Haay dan Marko Simic yang tampil kurang greget di babak kedua.

Tujuannya agar serangan balik yang dilakukan bisa lebih tajam. Namun skema ini masih belum berjalan lancar. Serangan Persija masih mudah dipatahkan Persikabo.

Tapi menit 89, winger Persija, Rio Fahmi sempat lolos dan berhadapan dengan kiper Persikabo. Sayangnya dia kehilangan mumentum melepaskan tembakan.

Sementara Persikabo yang terus memberikan tekanan tak sanggup mencetak gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Persija bertahan hingga laga usai.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-3-2-1): Andritany Ardhiyasa (kiper); Marco Motta, Yan Motta, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanusa (belakang); Rohit Chand, Toni Sucipto, Dwiki Arya; Rio Fahmi, Isvaldo Haay (tengah), Marko Simic (depan).

Pelatih: Angelo Alessio.
Persikabo 1973 (4-3-3): Diky Indrayana (kiper); Gilang Ginarsa, Shumeyko, Andy Setyo, Firza Andika (belakang); Pushnyakov, Manahati Lestusen, Roni Sugeng (tengah); Ciro Alves, Dimas Drajad, Hendra Bayauw (depan).

Pelatih: Liestiadi.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Iwan Setiawan/Editor Hendry Wibowo
Published: 03/12/2021

KOMENTAR