Hasil BRI Liga 1: Persija Jakarta Imbang Tanpa Gol dengan Madura United, Upaya Kudeta Puncak Klasemen Gagal

Abdi Rafi Akmal | 17 September 2022, 22:27
Pemain Persija Jakarta, Michael Krmencik (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan
Pemain Persija Jakarta, Michael Krmencik (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Upaya Persija Jakarta mengkudeta Madura United dari puncak klasemen gagal terlaksana. Pada pekan ke-10 BRI Liga 1 2022/2023, Persija hanya bisa imbang 0-0 dengan Madura United di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Sabtu (17/9/2022) malam WIB.

Persija sejatinya tampil lebih dominan dari Madura United sejak menit awal. Macan Kemayoran yang didukung ribuan pendukungnya, berulang kali menciptakan peluang.

Namun, peluang itu antara meleset atau mudah diamankan oleh kiper Miswar Saputra. Miswar juga layak diberikan apresiasi lebih pada pertandingan ini. Lima peluang terbaik Persija berhasil digagalkan oleh aksi-aksi heroiknya.

Hasil seri ini membuat Madura tetap di puncak klasemen dengan koleksi 23 poin, sementara Persija tetap di peringkat ke-4 dengan perolehan 21 poin.

1 dari 4 halaman

Babak Pertama

Pertandingan baru berjalan tiga menit, Persija langsung mendapatkan peluang. Namun, Hanno Behrens menyia-nyiakan umpan matang dari Firza Andika.

Persija punya dua peluang beruntun di menit ke-37 dan menit ke-38 lewat situasi yang sama. Hanno Behrens dan Syahrian Abimanyu melepaskan dua tembakan mendatar dari luar kotak penalti, namun masih menyamping dari gawang.

Madura United akhirnya mendapatkan satu-satunya tembakan tepat sasaran di menit ke-44. Sundulan Fachruddin Aryanto dari situasi tendangan bebas tidak langsung, masih mampu dihalau oleh kiper Andritany.

Sepanjang babak pertama ini, Madura United tidak bisa leluasa menciptakan peluang. Namun beruntung, Persija juga gagal memanfaatkan setiap peluang yang muncul, sehingga menutup babak pertama dengan skor kacamata.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Behrens kembali memberikan ancaman saat babak kedua baru berjalan dua menit. Tendangan setengah volinya dari luar kotak penalti masih belum terlalu akurat dan menyamping dari gawang.

Behrens lagi. Kali ini di menit ke-65 ia berhasil lepaskan tendangan yang hanya berjarak sekitar lima meter dari gawang. Namun arahnya tepat ke tangkapan kiper Miswar Saputra dan terlalu lemah.

Madura yang kesulitan menciptakan peluang, memanfaatkan situasi bola mati. Hugo Gomes melakukan tendangan bebas langsung di menit ke-70 yang masih mudah diamankan kiper Andritany.

Peluang Persija di dekat gawang Madura United kembali tercipta di menit ke-82. Kiriman umpan Syahrian Abimanyu dari situasi tendangan bebas sukses disundul oleh Hanif Sjahbandi, namun Miswar kembali beraksi menyelamatkan gawang Madura United.

Di menit ke-87 giliran Abdulla Yusuf yang memberikan ancaman ke gawang Madura United. Namun, Miswar tampil sigap dengan melakukan penyelamatan fingertip.

Hansamu Yama juga ikutan menebar ancaman lewat sundulannya di menit ke-90+1. Miswar kembali unjuk kebolehan dengan melakukan penyelamatan luar biasa.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Persija Jakarta (3-4-2-1): Andritany Ardhyasa; Hansamu Yama, Ondrej Kudela, Hanif Sjahbandi; Rio Fahmi, Resky Fandi, Syahrian Abimanyu, Firza Andika; Hanno Behrens (Ricky Cawor 68’), Abdulla Yusuf; Michael Krmencik (Riko Simanjuntak 73’).
Pelatih: Thomas Doll

Madura United (3-5-2): Miswar Saputra; Kadek Raditya, Cleberson, Fachruddin Aryanto; Novan Sasongko, Lee Yu Jun (Esteban Vizcarra 74’), Zulfiandi, Hugo Gomes, Reva Adi; Beto Goncalves (Pedro Henrique 84’), Lulinha.
Pelatih: Fabio Lefundes

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR