Hasil BRI Liga 1: Penalto Pato Bawa Borneo Bekuk Persebaya

Dimas Ardi Prasetya | 19 Agustus 2022, 18:03
Duel Borneo FC vs Persebaya Surabaya di laga pekan kelima BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Segiri, Jumat (19/08/2022) dini hari WIB. (c) Bri Liga 1 Official Twitter
Duel Borneo FC vs Persebaya Surabaya di laga pekan kelima BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Segiri, Jumat (19/08/2022) dini hari WIB. (c) Bri Liga 1 Official Twitter

Bola.net - Borneo FC menang tipis atas Persebaya Surabaya di laga pekan kelima BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Segiri, Jumat (19/08/2022) dini hari WIB.

Pertandingan berlangsung dengan tempo sedang. Kedua tim bermain terbuka namun tak terlalu menghasilkan banyak peluang.

Kemenangan ini membuat Borneo FC mengoleksi 12 angka dari lima laga dan mereka naik ke pucuk klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023. Sementara itu Persebaya Surabaya tertahan di posisi 13 dengan koleksi empat poin saja.

Gol dari Borneo FC dicetak oleh Matheus Pato (dua gol). Sementara gol Persebaya Surabaya dihasilkan Silvio Junior.

Baca laporan jalannya pertandingan di bawah ini Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Babak Pertama

Borneo FC dan Persebaya Surabaya langsung saling adu serangan sejak menit pertama. Namun peluang pertama didapat oleh Persebaya melalui tendangan Silvio Junior. Namun bola sepakannya dari ujung kotak penalti pada menit keenam masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Laga kemudian sempat terhenti beberapa saat pada menit ke-14. Sebab salah satu pemain Persebaya yakni Koko Ari mengalami cedera akibat dihajar pul sepatu Kei Hirose hingga tak bisa melanjutkan pertandingan.

Menit ke-26, Persebaya mendapat peluang melalui tendangan bebas Leo Lelis dari luar kotak penalti. Namun bola yang mengarah ke kanan gawang masih bisa diamankan kiper Borneo, Dwi Kuswanto.

Menit ke-35, Pato mengancam gawang Persebaya dengan tendangan akrobatiknya di sisi kanan gawang Bajul Ijo. Sayangnya bola masih melipir tipis ke samping kanan gawang saja.

Menit 45+1, Persebaya melakukan serangan balik melalui Silvio Junior. Ia kemudian melepas tendangan keras kaki kiri dari dalam kotak penalti. Sayangnya bola melipir tipis ke samping gawang Borneo FC saja. Menit dua menit kemudian giliran ruan rumah mengancam dengan tendangan Pato di dalam kotak penalti, memanfaatkan umpan Lilipaly. Tapi bola masih bisa diblok pertahanan Bajul Ijo.

Pada akhirnya tak ada gol tercipta sampai turun minum. Borneo FC 0-0 Persebaya Surabaya.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua Borneo FC tancap gas. Mereka menekan pertahanan Persebaya surabaya tapi masih belum bisa mencetak gol.

Pada akhirnya Borneo FC bisa mencetak gol pada menit ke-63. Dari situasi sepak pojok, Matheus Pato menanduk bola di tengah kotak penalti. Bola memantul ke tanah sebelum akhirnya masuk ke area sebelah kiri gawang Persebaya. 1-0.

Namun keunggulan ini tak bertahan lama. Pada menit ke-67 Silvio Junior berhasil menyamakan skor. Dengan tendangan keras kaki kirinya di kotak penalti, ia menjebol gawang Borneo FC. Bola sempat ditepis Dwi Kuswanto tapi masih terus mengarah ke pojok kiri bawah gawang Borneo. 1-1.

Menit ke-83, peluang emas didapat Persebaya melalui Silvio Junior. Ia mendapat umpan terobosan dari Marselino dan tinggal berduel lawan kiper di kotak penalti. Sayang bola sepakan kaki kanannya melebar dari sasaran.

Drama kemudian tercipta di penghujung laga babak kedua. Terjadi pelanggaran di kotak penalti Persebaya dan wasit pun menunjuk titik putih. Keputusan ini sempat diprotes pemain Bajul Ijo tapi wasit berpegang teguh pada keputusannya. Penalti kemudian dieksekusi oleh Pato dengan sempurna. 2-1!

Gol ini jadi penutup laga babak kedua. Borneo FC 2-1 Persebaya Surabaya.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Borneo FC: Dwi Kus; Javlon Gusyenov, Leo Guntara, Diego Michels, Fathur Rahman; Kei Hirose, Siswanto, Jonathan Bustos; Stefano Lilipaly, Matheus Pato, Terens Puhiri

Pelatih: Milomir Seslija

Persebaya Surabaya: Satria Tama; Koko Ari, Rizky Ridho, Leo Lelis, Arief Catur; M Hidayat, Alwi Slamat; Michael Rumere, Sho Yamamoto, M Supriadi; Silvio Junior

Pelatih: Aji Santoso

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR