Hasil BRI Liga 1: Diwarnai Dua Penalti, PSS Sleman Bekuk Persela Lamongan

Serafin Unus Pasi | 24 Maret 2022, 18:01
Hasil BRI Liga 1: Diwarnai Dua Penalti, PSS Sleman Bekuk Persela Lamongan
BRI Liga 1: PSS Sleman vs Persela Lamongan (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - PSS Sleman berhasil memetik kemenangan di pekan ke-33 BRI Liga 1 2021/22. Berhadapan dengan Persela Lamongan, Super Elja berhasil memetik kemenangan dengan skor 3-2.

PSS Sleman tidak menunggu lama dalam melakukan serangan. Pada menit keenam, Riki Dwi Saputro memberi ancaman setelah menerima umpan dari Wander Luiz. Sayang, sepakannya berhasil diamankan Abdul Rohim.

Berikutnya, tim Elang Jawa tampil sangat agresif. Tercatat ada lima pemain membukukan tembakan, yakni Bagus Nirwanto, Kim Jeffrey Kurniawan, Wander Luiz, Rifaldi Bawuo, dan Riki lagi. Tapi, semua sepakan itu tidak mengarah ke gawang.

Persela malah jadi tim yang unggul dulu berkat gol pada menit ke-28. Jose Wilkson yang menyisir sisi kanan serangan dan mengirim umpan tarik ke kotak penalti. Bola kemudian diselesaikan menjadi gol oleh Gian Zola.

Tak lama, PSS mendapat hadiah penalti karena Nerius Alom dianggap melanggar Ramdani Lestaluhu. Kim Kurniawan yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses menyarangkan bola ke gawan Persela pada menit ke-31.

Dalam kondisi sama kuat, kedua tim mulai tampil saling serang. Persela kembali menebar ancaman pada menit ke-33 lewat Wilkson yang menerima umpan dari Risqki Utomo. Sayang, tembakannya bisa diamankan Miswar Saputra.

PSS berhasil membalik kedudukan pada menit ke-39. Kali ini, Kim Kurniawan mengirim umpan lewat sepak pojok yang diselesaikan dengan sundulan oleh Mario Maslac. Abdul Rohim pun tak bisa membendungnya.

Kedua tim masih berupaya saling serang pada waktu yang tersisa di babak pertama. Tak ada gol lagi dan waktu turun minum dihiasi dengan skor sementara 2-1 untuk PSS Sleman.

1 dari 3 halaman

Babak Kedua

PSS Sleman tidak menunggu lama untuk kembali menebar ancaman. Wander Luiz kembali memberi kejutan lewat umpan dari Dave Mustaine pada menit ke-50. Kali ini, bola bisa diamankan oleh Abdul Rohim.

Persela kemudian malah mencetak gol balasan pada menit ke-54. Bek kanan Kahar Salam sukses mengirim umpan silang ke jantung pertahanan dan disambut dengan sundulan yang gagal dihentikan Miswar Saputra.

Skor imbang 2-2 rupanya tak bertahan lama. PSS kembali mendapat penalti karena Ahmad Wahyudi dianggap melanggar Riki. Giliran Dave Mustaine yang jadi algojo penalti dan sukses mencetak gol pada menit ke-61.

Kondisi unggul 3-2 tidak membuat PSS menurunkan intensitas serangan. Dave Mustaine dua kali melepas tembakan ke pertahanan Persela. Namun, semuanya tidak mengarah ke gawang pada menit ke-65.

Persela juga masih berupaya mencetak gol demi menyamakan kedudukan. Pada menit ke-70, Malik Risaldi melepas tendangan bebas keras dari jarak yang cukup jauh. Sayang, sepakannya melambung.

Pertandingan masih berlangsung panas karena kedua tim terus melakukan serangan. Wasit Faulur Rosy meniup peluit panjang dengan skor akhir 3-2 untuk PSS Sleman.

Hasil ini membuat PSS Sleman naik ke peringkat ke-13 dengan 36 poin. Namun, mereka belum aman dari ancaman degradasi. Persipura di peringkat ke-16 dengan 30 poin masih berpotensi menyalip karena menyisakan dua laga.

Sedangkan Persela masih berada di peringkat ke-17 dengan 21 poin. Mereka membukukan 24 laga beruntun tanpa kemenangan. Sejak pekan lalu, Laskar Joko Tingkir sudah dipastikan degradasi ke Liga 2 musim depan.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain Kedua Tim

PSS Sleman (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Bagus Nirwanto, Aaron Evans, Mario Maslac, Syaiful Ramadhan (belakang); Kim Kurniawan, Kanu Helmiawan, Ramdani Lestaluhu (tengah); Riki Dwi Saputro, Wander Luiz, Irkham Mila (depan)

Pelatih: I Putu Gede

Persela Lamongan (4-3-3): Abdul Rohim (kiper); Kahar Salam, Ahmad Wahyudi, Demerson Bruno Costa, Nasir (belakang); Nerius Alom, Gian Zola, Ilham Fathoni (tengah); Risqki Putra Utomo, Jose Wilkson, Riyatno Abiyoso (depan)

Pelatih: Ragil Sudirman

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR