Hasil BRI Liga 1: Benamkan Persipura Jayapura, Persib Bandung Naik ke Puncak Klasemen

Serafin Unus Pasi | 30 Oktober 2021, 20:41
Persib Bandung merayakan gol Geoffrey Castillion ke gawang Persipura Jayapura, Sabtu (30/10/2021) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Persib Bandung merayakan gol Geoffrey Castillion ke gawang Persipura Jayapura, Sabtu (30/10/2021) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Persib Bandung kembali melanjutkan tren positif mereka di pekan ke-10 BRI Liga 1. Berhadapan dengan Persipura Jayapura, Maung Bandung berhasil menang dengan skor 3-0.


Persib Bandung langsung tancap gas tampil agresif memberi tekanan ke pertahanan Persipura pada menit kelima. Peluang pertama lahir dari sepakan Dedi Kusnandar dan tepat sasaran, tapi masih mampu diamankan kiper Persipura, Fitrul Dwi Rustapa.

Hanya dua menit kemudian, Persipura membalasnya dengan ancaman yang lahir lewat tendangan sudut. Muhammad Tahir memanfaatkan umpan sepak pojok itu dengan sundulan, sayang masih melebar dari gawang Persib.

Gol pertama laga ini akhirnya tercipta pada menit ke-14 lewat Wander Luiz. Striker asal Brasil itu mampu memanfaatkan umpan sundulan yang dilakukan oleh Esteban Vizcarra yang kemudian menggetarkan gawang Fitrul.

Dalam kondisi unggul, Persib kian agresif dengan menciptakan peluang lagi pada menit ke-24. Mulanya Febri Hariyadi melepas tembakan yang mampu ditepis Fitrul. Bola muntah kemudian disambar Zalnando yang sayangnya masih melenceng.

Semenit berselang, giliran Ezra Walian yang mendapat ruang tembak untuk menggandakan keunggulan. Tembakannya juga masih berhasil diamankan oleh Fitrul dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Bek Victor Igbonefo bahkan juga turut memberi ancaman pada menit ke-30. Dia mampu memanfaatkan tendangan sudut yang dikirim oleh Febri. Namun, sundulan Victor mengarah ke pelukan Fitrul.

Persib berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-35 dan Wander Luiz kembali menjadi pencetak golnya. Bermula dari umpan silang Zalnando dari sisi kiri, Wander Luiz meneruskannya dengan sundulan keras yang gagal dibendung Fitrul.

Persib Bandung masih terus bermain agresif meski sudah unggul dua gol. Kedudukan sementara 2-0 ini bertahan sampai turun minum.

1 dari 3 halaman

Babak Kedua

Persib Bandung masih menguasai pertandingan di babak kedua dan terus mengurung pertahanan Persipura. Pada menit ke-58, Dedi Kusnandar kembali mendapat kesempatan setelah menerima umpan dari Febri. Tapi, tembakannya masih melambung.

Ezra Walian melakukan percobaan tendangan spekulasi pada menit ke-62 dan berhasil diblok oleh Fitrul. Tembakan kerasnya yang mengarah ke gawang masih belum mampu menambah gol untuk Maung Bandung.

Persipura mendapat peluang pentingnya pada menit ke-65 yang lahir dari Tahir yang mengirim umpan kepada Yevhen Bokhasvili. Sayang, striker asal Ukraina itu gagal mengontrol bola dengan baik sehingga terbuang begitu saja.

Tim Mutiara Hitam berhasil menggetarkan jala gawang Persib pada menit ke-71. Itu berkat umpan silang Tahir yang disambut oleh Feri Pahabol dan mulus masuk gawang lawan. Namun, wasit menganulirnya karena Pahabol dianggap sudah offside.

Gelandang Mohammed Rashid tidak ketinggalan melakukan percobaan tendangan jarak jauh pada menit ke-74. Dia mampu memanfaatkan bola muntah dari pertahanan Persipura dan menyambarnya dengan sentuhan pertama. Sayang, sepakannya masih melambung di atas mistar.

Dua menit berselang, Ezra Walian lagi-lagi melakukan percobaan tendangan spekulasi ke arah gawang Persipura. Fitrul juga masih sigap sehingga mampu menghalau tembakan yang mengarah ke gawangnya itu.

Persib kembali menambah golnya di menit ke-89. Kali ini striker Geoffrey Castillion mampu memanfaatkan umpan tarik Henhen Herdiana. Tembakan kerasnya sudah tidak bisa dihalau oleh Fitrul.

Keunggulan Persib masih bertahan karena tidak ada tambahan gol sampai wasit Syaiful Arif meniup peluit panjang. Skuat arahan Robert Alberts berhak mendapat tambahan tiga poin dan kini untuk sementara berada di puncak klasemen.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain Kedua Tim

Persib Bandung (4-4-2): Muhammad Natshir (kiper); Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Zalnando (belakang); Febri Haryadi, Dedi Kusnandar, Mohammed Rashid, Esteban Vizcarra (tengah); Wander Luiz, Ezra Walian (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Persipura Jayapura (4-3-3): Fitrul Dwi Rustapa (kiper); Muhammad Tahir, Donni Monim, Henrique Motta, Wulf Horata (belakang); Nerius Alom, Ian Kabes, Takuya Matsunaga (tengah); Feri Pahabol, Todd Ferre, Joshua Isir (depan)

Pelatih: Jacksen Tiago

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR