BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil BRI Liga 1: Bekuk Barito Putera, Persebaya Semakin Dekat dengan 4 Besar

04-12-2021 20:17 | Serafin Unus Pasi

Skuat Persebaya Surabaya merayakan gol Taisei Marukawa ke gawang Barito Putera, Sabtu (4/12/2021) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Skuat Persebaya Surabaya merayakan gol Taisei Marukawa ke gawang Barito Putera, Sabtu (4/12/2021) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Persebaya Surabaya memetik hasil positif di pekan ke-15 BRI liga 1 2021/22. Berhadapan dengan Barito Putera di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (4/12/2021), Bajul Ijo berhasil menang dengan skor 2-0.

Barito Putera tancap gas mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu mengawali pertandingan. Peluang mereka lahir di menit keempat setelah Bagas Kaffa memanfaatkan umpan Rizky Pora. Tembakan Bagas mengarah ke gawang, tapi ditepis oleh kiper Andhika Ramadhani.

Semenit kemudian, Laskar Antasari kembali mengirim ancaman. Kali ini, striker Aleksandar Rakic yang memberikan bola kepada gelandang Buyung Ismu Lessy. Sepakan Buyung belum mampu menemui sasaran.

Persebaya merespons cepat serangan lawan. Pada menit ketujuh, Bruno Moreira hampir merobek gawang Barito Putera usai menerima umpan Marselino Ferdinan. Kiper Andri Prabowo masih mampu mengamankannya.

Bajul Ijo keluar sebagai tim yang unggul dulu dengan mencetak gol di menit ke-27. Itu berkat pergerakan apik Taisei Marukawa di sisi kanan serangan Persebaya. Dia mengirim bola kepada Marselino yang melepas tembakan keras gagal dibendung Andri di kotak penalti.

Dalam kondisi unggul, Persebaya tampil lebih agresif. Semenit setelah gol, Taisei Marukawa kembali mengirim umpan kunci. Kali ini, Jose Wilkson yang dituju. Sayang, tembakannya masih mampu dimentahkan Andri.

Pada menit ke-30, Taisei Marukawa masih tampil dengan kelincahannya. Dia menyodorkan bola kepada Bruno Moreira. Namun, kali ini sepakan pemain asal Brasil itu masih melambung di atas mistar gawang Barito Putera.

Peluang terakhir laga ini lahir di menit ke-33 setelah Luthfi Kamal mengirim umpan kepada Buyung dan gagal menemui sasaran. Kondisi ini membuat babak pertama berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Persebaya Surabaya.

1 dari 3 halaman

Babak II

Barito Putera mencoba untuk menyamakan skor dengan langsung tampil menyerang di awal babak kedua. Bayu Pradana menebar ancaman pada menit ke-46 setelah menerima umpan Azamat Baimatov, namun sepakannya tidak mengarah ke gawang.

Berikutnya, Persebaya menjadi tim yang mendominasi permainan. Jose Wilkson hampir saja mencatatkan namanya di papan skor lewat aksi individu pada menit ke-50. Sayang, tembakannya menyamping ke sisi kiri gawang Barito Putera.

Tiga menit kemudian, giliran Bruno yang memanfaatkan umpan Marselino dan melepas tembakan mendatar. Tendangannya juga masih belum mampu membuat Persebaya Surabaya menggandakan keunggulan.

Taisei Marukawa mencoba peruntungan dengan menebar ancaman ke gawang Barito Putera di menit ke-60. Marselino masih menjadi kreatornya lewat umpan manis. Namun, tembakannya juga belum membuahkan gol.

Persebaya akhirnya menggandakan keunggulan di menit ke-69 dan itu berkat kerja sama Marukawa dan Marselino. Duet apik mereka dimulai dari umpan terobosan Marselino yang sukses dikonversi menjadi gol oleh Marukawa lewat sepakan kaki kirinya di dalam kotak penalti.

Unggul dua gol tidak membuat Persebaya mengendurkan serangan. Jose Wilkson secara mengejutkan melepas tembakan keras dari tendangan bebas pada menit ke-77. Sepakannya mengarah ke gawang, tapi Andi mampu membloknya.

Persebaya justru kemudian harus bertanding dengan 10 pemain sejak menit ke-84. Penyebabnya, Alwi Slamat mendapat kartu kuning kedua dan harus mandi lebih cepat. Bajul Ijo pun tidak banyak menyerang dalam kondisi kalah jumlah pemain.

Tidak ada tambahan gol yang tercipta sampai wasit Mansyur meniup peluit panjang memungkasi pertandingan. Persebaya untuk sementara naik ke peringkat kelima dengan 27 poin. Barito Putera sendiri masuk zona merah, tepatnya peringkat ke-16 mengoleksi 12 angka.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Franc Rikhart Sokoy (belakang); Muhammad Hidayat, Alwi Slamat, Marselino Ferdinan (tengah); Bruno Moreira, Jose Wilkson, Taisei Marukawa (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Barito Putera (4-3-3): Andri Prabowo (kiper); Bagas Kaffa, Azamat Baimatov, Cassio Jesus, Rifky Suryawan (belakang); Luthfi Kamal, Bayu Pradana, Buyung Ismu Lessy (tengah); Rizky Pora, Aleksandar Rakic, Rafael Oliveira (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

3 dari 3 halaman

Klasemen BRI Liga 1

Sumber: Bola.com/Aditya Wnay, Editor: Wiwig Prayugi, Diunggah 12 Desember 2021

KOMENTAR