Hasil BRI Liga 1 2022/23: Bhayangkara FC, PSIS Semarang dan PSM Makassar Kompak Raih Kemenangan

Serafin Unus Pasi | 5 Desember 2022, 18:34
Hasil BRI Liga 1 2022/23: Bhayangkara FC, PSIS Semarang dan PSM Makassar Kompak Raih Kemenangan
BRI Liga 1 (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Setelah absen lebih dari dua bulan, gelaran BRI Liga 1 2022/23 resmi digulirkan pada hari ini, Senin (5/12/2022). Kompetisi teratas kasta sepak bola Indonesia ini dibuka dengan empat pertandingan, di mana tiga pertandingan digelar secara bersamaan.

Kompetisi BRI Liga 1 2022/23 saat ini dilanjutkan dengan sistem bubble. Seluruh pertandingan dipusatkan di daerah Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta sebagai periode transisi sebelum pertandingan dilanjutkan lagi dengan format home dan away di putaran kedua di Januari 2023 nanti.

Untuk tiga laga yang digulirkan sebagai pembuka kelanjutan turnamen ini adalah PSIS Semarang vs Madura United, Bhayangkara FC vs PSS Sleman dan PSV Makassar vs Persikabo 1973. Keenam kontestan BRI Liga 1 ini nampak antusias dengan kelanjutan turnamen ini setelah ditunda cukup lama.

Bagaimana jalannya ketiga pertandingan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

PSIS Semarang vs Madura United

PSIS Semarang di Piala Presiden 2022 (c) Bola.net/Arief Bagus

PSIS Semarang di Piala Presiden 2022 (c) Bola.net/Arief Bagus

PSIS Semarang sukses memetik kemenangan di pekan ke-12 BRI Liga 1 2022/23. Berhadapan dengan Madura United, Laskar Mahesa Jenar menang dengan skor 2-0.

Gol kemenangan PSIS dicetak oleh Jonathan Cantillana Fredyan Wahyu dan Ridho Syuhada Putra di babak kedua.

Pertandingan yang digelar di Stadion Manahan ini berjalan dengan tempo sedang. Kedua tim sama-sama berhati-hati untuk membangun serangan selama babak pertama sehingga skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Madura United mendapatkan petaka di menit 52 setelah Birul Walidain menjatuhkan Jonathan Cantillana di kotak penalti. Pemain berpaspor Palestina itu mengambil eksekusi penalti dan sukses membobol gawang Madura United. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan PSIS.

Di menit ke-62 Madura United harus bermain dengan 10 pemain setelah Guntur Ariyadi mendapatkan kartu merah. Alhasil PSIS tampil lebih menekan memanfaatkan keunggulan jumlah pemain.

Di menit 74, giliran Fredyan Wahyu yang mencatatkan namanya di papan skor. Melalui serangan balik, ia menyadari posisi Rendy Oscario terlalu ke depan, sehingga ia melepaskan tembakan yang gagal dijangkau kiper Madura United tersebut. Skor berubah menjadi 2-0.

Unggul 2-0 tidak membuat PSIS berpuas diri. Di menit 83 giliran Ridho Syuhada Putra mencatatkan namanya di papan skor setelah ia menyelesaikan umpan dari Delfin Rumbino. Skor 3-0 menutup jalannya pertandingan di laga ini.

2 dari 4 halaman

Bhayangkara FC vs PSS Sleman

Para pemain Bhayangkara FC merayakan gol M. Hargianto pada laga BRI Liga 1 2022/2023 (c) PT LIB

Para pemain Bhayangkara FC merayakan gol M. Hargianto pada laga BRI Liga 1 2022/2023 (c) PT LIB

Digelar dalam waktu yang bersamaan, Bhayangkara FC berhadapan dengan PSS Sleman di Stadion Jatidiri, Semarang.

Di laga ini, Bhayangkara FC berhasil unggul terlebih dahulu berkat gol Muhammad Hargianto memanfaatkan umpan dari Titan Bagus di dalam kotak penalti. Skor 1-0 untuk keunggulan Bhayangkara FC.

Jalannya pertandingan di babak pertama berlangsung sengit, namun skor 1-0 tidak berubah untuk keunggulan Bhayangkara FC hingga babak pertama usai.

Tertinggal 1-0 di babak pertama, PSS langsung tancap gas. Baru dua menit laga berjalan, Kim Kurniawan berhasil menyamakan kedudukan bagi PSS Sleman.

Namun beberapa menit berselang, PSS harus bermain dengan 10 pemain. Pasalnya Dedy Kusnawan mendapatkan kartu kuning kedua sehingga ia harus diusir keluar lapangan.

Unggul jumlah pemain tidak disia-siakan oleh Bhayangkara FC. Titan Agung sukses menggandakan keunggulan The Guardian di menit ke-57 berkat golnya.

11 menit kemudian giliran Andik Vermansyah yang menambah keunggulan Bhayangkara FC. Skor 3-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

3 dari 4 halaman

PSM vs Persikabo 1973

Yakob dan Yance Sayuri merayakan gol yang dicetak pada laga PSM Makassar vs Persebaya di BRI Liga 1 2022/2023 (c) PT Liga Indonesia Baru

Yakob dan Yance Sayuri merayakan gol yang dicetak pada laga PSM Makassar vs Persebaya di BRI Liga 1 2022/2023 (c) PT Liga Indonesia Baru

Pertandingan ketiga yang digelar secara bersamaan adalah laga PSM Makassar melawan Persikabo 1973. Pertandingan ini digelar di Stadion Sultan Agung.

Laga ini berjalan sangat sengit sejak awal. Kedua tim sama-sama kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya di pertandingan ini.

Kebuntuan di antara kedua tim baru pecah di menit 78. Pemain pengganti, Donald Bissa sukses menjebol gawang Persikabo di menit ke-78. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan PSM.

Unggul 1-0 tidak membuat Juku Eja berpuas diri. Di menit ke-88, bomber andalan mereka, Everton sukses menggandakan keunggulan timnya menjadi 2-0. Skor ini bertahan hingga akhir laga.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR