BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil BRI Liga 1 2021-22: Bekuk Persija, Persipura Keluar dari Zona Merah

11-01-2022 18:25 | Dimas Ardi Prasetya

Persipura Jayapura di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Persipura Jayapura di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Persija Jakarta dipaksa menyerah 1-2 dari Persipura Jayapura di pekan ke-19 BRI Liga 1 2021-22 di Stadion Kapten I Wayan DIpta, Gianyar, Bali, Selasa (11/01/2022) sore WIB.

Pertandingan berlangsung dengan terbuka. Persipura dan Persija saling adu serangan dan menghasilkan sejumlah peluang berbahaya.

Persija harus bermain dengan 10 pemain di laga ini. Sebab Dwiki Arya mendapat dua kartu kuning.

Gol dari Persipura dicetak oleh Ferinando Pahabol dan Yevhen Bokhasvili. Sementara gol Persija Jakarta disumbangkan gelandang anyarnya, Makan Konate.

Baca laporan pertandingannya di bawah ini Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Babak Pertama

Persipura Jayapura langsung tampil agresif di babak pertama. Mereka menggempur pertahanan Persija Jakarta. Namun sang tamu masih bisa menahan serangan tuan rumah.

Namun pada menit ke-25, Persipura membuka skor melalui aksi brilian Ferinando Pahabol. Usai mendapat bola di lini tengah, ia mengecoh satu bek Persija dan melepas tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola bersarang ke sisi kanan gawang Persija. 1-0.

Persijar berusaha bermain lebih agresif usai tertinggal. Sayangnya serangan-serangan mereka tak tertata dengan apik. Mereka kerap kehilangan bola sebelum masuk ke lini pertahanan Persipura. Hal ini harus dibayar mahal.

Sebab pada menit ke-44, Persipura mencetak gol keduanya. Kali ini melalui Yevhen. Gol berasal dari umpan Mandowen dari sisi kanan ke tiang jauh dan disundul balik Fergonzi ke tengah kotak penalti. Di sana Yevhen dalam posisi tak terkawal dan dengan mudah menjebol gawang Persija. 2-0.

Gol ini jadi penutup laga babak pertama. Persipura Jayapura 2-0 Persija Jakarta.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, Persija Jakarta berusaha bermain lebih agresif. Namun ini malah menciptakan lubang antara lini pertahanan dengan lini tengah dan beberapa kali dimanfaatkan lini serang Persipura.

Persija kemudian melakukan pergantian pemain yang mengejutkan. Marko Simic ditarik keluar. Dari sini permainan Macan Kemayoran langsung membaik. Trio Konate, Taufik, dan Riko mampu merepotkan pertahanan Persipura.

Persija kemudian nyaris mencetak gol pada menit ke-60. Makan Konate sukses mencuri bola dari pemain Persipura dan mengirim umpan matang pada Taufik Hidayat dari sisi sayap kanan. Namun bola sepakan striker muda ini dari tengah kotak penalti masih membentur tiang kiri gawang Persipura.

Sayangnya pada menit ke-65, Dwiki Arya harus mandi lebih cepat. Pasalnya ia menerima kartu kuning kedua dan harus meninggalkan lapangan. Persija pun harus bermain dengan 10 pemain saja. Dua menit kemudian, Mandowen melepas ancaman ke gawang Persija dengan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun Andritany masih bisa menepis bola keluar lapangan.

Menit ke-76, Motta mendapt peluang emas mencetak gol. Ia melepas tendangan dari jarak dekat namun bola masih diblok Fitrul. Bola rebound kemudian dibuang bek Mutiara Hitam. Dari situasi sepak pojok, Dutra berhasil menanduk bola, tapi sayang tak berbuah gol karena si kulit bundar menghantam mistar gawang saja.

Menit ke-88, Persija mendapat peluang emas melalui tandukan salah satu pemainnya tapi bola masih melebar ke sisi kanan gawang Persipura. Menit 90+2 Cawor balik mengancam dengan sepakan melengkung dari ujung kotak penalti, tapi Andritany masih bisa menepis bola keluar lapangan.

Satu menit kemudian Persija akhirnya bisa mencetak gol. Dari situasi tendangan bebas, Makan Konate menyambut bola sundulan Dutra dan melepas tendangan keras ke gawang Persipura. 1-2.

Namun Persipura Jayapura akhirnya sukses mempertahankan keunggulannya atas Persija Jakarta sampai laga berakhir. Dengan kemenangan ini, Persipura mengoleksi 17 angka dan naik ke peringkat 15 klasemen sementara BRI Liga 1 2021-22. Persija sendiri tertahan di posisi enam dengan raihan 28 poin dari 19 laga.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Novri Setiawan, Maman Abdurahman, Ikhwan Ciptady, Marco Motta; Adrianus Dwiki Arya, Ahmad Bustomi; Alfrianto Nico, Makan Konate, Riko Simanjuntak; Marco Simic.

Pelatih: Angelo Alessio

Persipura Jayapura Fitrul Dwi Rustapa; Muhammad Tahir, Brian Fatari, Donni Harold, David Kevin Wato; Nelson Alom, Ramiro Ezequiel, Takuya Matsunaga; Yohanes Pahabol, Yevhen Bokhashvill, Gunansar Papua.

Pelatih: Angel Alfredo Vera

KOMENTAR