BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hamka Hamzah Minta Agar PSSI Tak Terburu Jatuhkan Sanksi Terkait Kerusuhan Antarsuporter

16-05-2019 23:45 | Dimas Ardi Prasetya

Hamka Hamzah (c) Bola.com/Iwan Setiawan Hamka Hamzah (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Hamka Hamzah berharap agar otoritas sepak bola Indonesia tak terburu-buru dalam menjatuhkan sanksi akibat kericuhan antarsuporter pada laga pembuka Shopee Liga 1 2009, antara Arema FC dan PSS Sleman. Kapten tim Arema ini meminta agar ada pengusutan terlebih dulu sebelum adanya sanksi yang dijatuhkan.

"Harus dilihat dulu dengan sebaik-baiknya," kata Hamka.

"Harus dilihat siapa yang terlebih dulu memprovokasi," sambungnya.

Sebelumnya, sempat terjadi insiden dalam pertandingan antara Arema dan PSS Sleman, dalam laga pembuka gelaran Shopee Liga 1 musim 2019. Pertandingan yang dihelat di Stadion Maguwoharjo, Rabu (15/05) ini diwarnai bentrokan suporter ketika laga memasuki menit 30. Akibat insiden ini, laga -yang disiarkan langsung oleh Indosiar ini- harus terhenti selama 30 menit.

Selain tertundanya pertandingan, insiden ini juga menimbulkan sejumlah korban luka. Puluhan suporter menjadi korban lemparan pecahan keramik, botol minuman, dan juga batu.

Apa harapan lain Hamka soal ancaman sanksi tersebut? Simak di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Tak Perlu Saling Menyalahkan

Lebih lanjut, Hamka berharap, saat ini semua pihak harus bisa menahan diri dan tidak saling menyalahkan. Ia menyebut bahwa dalam insiden ini tak ada pihak yang sama sekali tidak bersalah.

"Kita tak boleh menyalahkan siapa pun. Ini semua di luar kendali. Semua bisa berbicara bahwa pihak lain yang salah. Namun, ini tak perlu," tutur Hamka.

"Kita harus menjadikan ini sebagai bahan introspeksi. Bukan hanya bagi Aremania atau Slemania, tapi juga untuk seluruh kelompok suporter. Semua harus berbenah," ia menegaskan.

2 dari 2 halaman

Berharap Aremania Lebih Menjaga Diri

Sementara itu, Hamka pun memiliki harapan lain terkait potensi kericuhan antarsuporter. Pemain berusia 35 tahun ini secara khusus berharap pada Aremania untuk bisa lebih menjaga diri, terutama kala mendampingi tim kesayangan mereka dalam laga tandang.

"Saya harap Aremania bisa lebih menjaga diri, terutama ketika dalam tour. Banyak oknum yang ingin menjatuhkan nama Aremania, terutama dengan melakukan provokasi," kata Hamka.

"Aremania juga harus berbesar hati dan menunjukkan sebagai suporter yang pernah berpredikat sebagai suporter terbaik di Indonesia," ia menandaskan.

Aksi Bocah Indonesia Main Sepak Bola Disorot Bintang AC Milan

KOMENTAR