Gol Dianulir hingga Penalti Disahkan, Inilah Daftar Kontroversi Wasit dalam 4 Pekan Awal BRI Liga 1 2022/23

Ari Prayoga | 17 Agustus 2022, 08:23
BRI Liga 1 (c) Bola.com/Adreanus Titus
BRI Liga 1 (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Kontroversi kepemimpinan wasit masih menjadi salah satu topik yang ramai dibahas di Liga Indonesia, termasuk pada gelaran BRI Liga 1 musim 2022/23 yang baru berjalan empat pekan.

Dari musim ke musim, kualitas pengadil pertandingan memang seringkali mendapat kritik tajam dari berbagai pihak, mulai dari pemain, pelatih, hingga suporter.

Kepemimpinan korps berbaju hitam ini dinilai sering keliru. Masalahnya, keputusan itu merugikan satu di antara klub.

PSM Makassar menjadi klub yang paling vokal mengkritik wasit. Melalui pelatihnya, Bernardo Tavares, tim berjulukan Pasukan Ramang itu hampir tiap pekan menyalahkan pengadil pertandingan.

Terbaru, Bernardo Tavares geram dengan wasit Dwi Purba Adi Wicaksana meski PSM menang 2-1 atas Persikabo 1973 pada Senin (15/8/2022).

"Tentang wasit, kami memang menang. Namun, saya harus bicara soal wasit. Kenapa? Sangat mencengangkan soal wasit ini," ujar arsitek asal Portugal itu.

"Ada beberapa kejadian di lapangan, tapi wasit tidak memberikan keputusan yang benar. Belum lagi, tim kami mudah mendapatkan kartu kuning," tutur pelatih baru di kancah sepak bola Indonesia itu.

1 dari 5 halaman

12 Wasit Dirumahkan

PSSI (c) Bola.com/Dody Iryawan

PSSI (c) Bola.com/Dody Iryawan

PSSI sudah bergerak mengevaluasi sejumlah wasit pada 12 Agustus 2022, namun keputusan-keputusan siluman masih saja terjadi.

PSSI mengistirahatkan lima wasit, tiga asisten wasit, dan empat asisten wasit tambahan selama dua sampai tiga bulan.

"PSSI terus berkomitmen untuk membenahi wasit, baik itu wasit di BRI Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Kami juga terus melakukan evaluasi dan pengawasan selama mereka memimpin," ujar Ketua Komite Wasit PSSI, Ahmad Riyadh.

Bola.net merangkum beebrapa keputusan kontroversial wasit sampai matchday keempat BRI Liga 1. Berikut tiga di antaranya:

2 dari 5 halaman

Diving Taisei Marukawa

Taisei Marukawa (kanan) (c) Bola.net/Arief Bagus

Taisei Marukawa (kanan) (c) Bola.net/Arief Bagus

Keputusan wasit Mustofa Umarella ketika PSIS Semarang bertanding melawan Barito Putera dalam pekan ketiga BRI Liga 1 di Stadion Jatidiri, Semarang pada 6 Agustus 2022 dianggap salah.

Umarella menghadiahkan PSIS tendangan penalti setelah menilai Taisei Marukawa dilanggar oleh pemain Barito Putera, Frank Sokoy.

Dari tayangan ulang, Sokoy tidak terlihat menyentuh Marukawa. Gelandang asal Jepang itu justru terjatuh sendiri alias diving.

Sial bagi Barito Putera. Penalti PSIS yang dieksekusi oleh Jonathan Cantillana mampu menjebol gawang kiper Joko Ribowo.

3 dari 5 halaman

Marc Klok Masuk Kotak Penalti

Pemain Persib Bandung, Marc Klok (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Pemain Persib Bandung, Marc Klok (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Wasit Totok Fitrianto mengulang penalti penyerang Persib Bandung, David da Silva ketika melawan PSIS dalam pekan keempat BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 13 Agustus 2022.

Totok menganggap kiper PSIS, Wahyu Tri Nugroho, maju dari gawangnya atau tidak menginjak garis ketika David da Silva menendang bola.

Sepakan David da Silva yang dibendung Wahyu Tri harus diulang.

Ketika penalti David da Silva diulang, Marc Klok justru masuk ke kotak penalti sebelum bola disepak oleh penyerang asal Brasil itu.

David da Silva mampu menuntaskan tugasnya dengan baik. Seharusnya, penalti striker berusia 32 tahun itu diulang karena Marc Klok colongan ke kotak 16 pas.

4 dari 5 halaman

Gol Persebaya Dianulir

Silvio Junior (c) dok. Persebaya Surabaya

Silvio Junior (c) dok. Persebaya Surabaya

Duel antara Persebaya Surabaya kontra Madura United masih menyisakan satu cerita. Ada satu gol Persebaya yang tidak disahkan oleh wasit Mansyur dalam laga pekan keempat BRI Liga 1 2022/2023.

Saat itu, Persebaya Surabaya sudah unggul 2-1. Madura United sempat unggul berkat gol Luiz Marcelo Lulinha pada menit ketujuh. Persebaya lantas membalasnya dua gol yang dicetak oleh Silvio Junior pada menit ke-28 dan Sho Yamamoto pada menit ke-49.

Persebaya mencetak gol lagi di menit ke-53. Kali ini, Higor Vidal mengirim umpan tendangan pojok yang disambut sundulan Silvio Junior. Bola masuk ke gawang lawan, namun wasit menganulirnya karena menganggap Leo Lelis melanggar Cleberson Martins.

Insiden ini sempat melahirkan protes keras lagi dari para pemain Persebaya Surabaya. Cleberson tidak berduel dengan Silvio yang memenangkan bola. Dia juga tidak terjatuh akibat duelnya dengan Leo Lelis. Tapi, wasit tetap tidak mengesahkan gol itu.

5 dari 5 halaman

Klasemen BRI Liga 1 2022/23

Disadur dari: Bola.com (Muhammad Adiyaksa, Benediktus Gerendo Pradigdo) 17 Agustus 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR