BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Gagal di Piala Menpora 2021, Arema FC Bakal Benahi Kedisiplinan

01-04-2021 18:07 | Serafin Unus Pasi

Duel Arema FC vs PSIS Semarang di matchday 3 Grup A Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/03/2021) malam WIB. (c) Bola.com/Ikhwan Yanuar
Duel Arema FC vs PSIS Semarang di matchday 3 Grup A Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/03/2021) malam WIB. (c) Bola.com/Ikhwan Yanuar

Bola.net - Arema FC benar-benar belajar dari kegagalan mereka dalam Piala Menpora 2021. Sebagai salah satu hasil pembelajaran mereka, klub berlogo singa mengepal ini memastikan akan lebih menegakkan kedisiplinan mereka.

Sebelumnya, secara prestasi, Arema FC bisa dikatakan gagal total pada turnamen Piala Menpora 2021. Langkah mereka terhenti di fase grup.

Arema sendiri hanya menempati posisi juru kunci di Grup A, tempat mereka tergabung bersama Persikabo 1973, Barito Putera, dan PSIS Semarang. Dari tiga laga yang dilakoni, mereka hanya meraih satu poin, hasil dari sekali imbang dan dua kali kalah.

Asisten Pelatih Arema FC, Kuncoro, mengisyaratkan bahwa kegagalan timnya pada ajang ini tak lepas dari persiapan mereka yang tak optimal. Salah satu penyebab tidak optimalnya persiapan ini karena terlambatnya sejumlah pemain bergabung latihan usai mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia.

"Ke depannya, pemain tak boleh terlena, termasuk untuk pemain Timnas. Mereka justru harus bisa meningkatkan diri," tutur Kuncoro.

"Ke depannya, main sepak bola nggak bisa enak-enakan. Harus terjalin chemistry dan kekompakan. Kalau datang mepet, tentu sulit bagi pelatih," sambungnya.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Bakal Lebih Ketat

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo sendiri sepakat dengan pernyataan Kuncoro. Bahkan, menurutnya, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri sempat berpesan kepadanya agar tak mengizinkan para pemain timnas untuk berlibur terlalu lama.

"Coach Indra sempat bilang agar paling lama tiga hari setelah kembali dari TC Timnas Indonesia, para pemain ini harus kembali berlatih. Ini agar kondisi mereka tak jeblok lagi," papar Ruddy.

"Memang, kedisiplinan ini yang harus lebih ditekankan lagi. Di sepak bola ini nggak ada yang instan. Hasil ini tergantung prosesnya," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Ajang Berkaca

Sementara itu, Ruddy menegaskan bahwa timnya mendapat pelajaran yang sangat berharga pada Piala Menpora 2021 ini. Menurutnya, kegagalan mereka pada ajang ini bisa menjadi ajang semua komponen tim untuk berkaca dan berbenah.

"Dengan kegagalan ini, saya yakin semua pasti mengoreksi diri," tutur Ruddy.

"Banyak yang bilang Arema raja pramusim. Namun, kenyataan saat ini kan berbalik 180 derajat. Lolos dari fase grup saja tidak. Karena apa? Nah, ini biar mereka sendiri yang merasakan dan berbenah," tandasnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR