Fenomena Unik di Liga 2: Ketika Para Legenda Sepak Bola 'Turun Gunung' Menjadi Pelatih

Asad Arifin | 2 November 2021, 14:31
Fakhri Husaini (c) Bola.com/Yoppy Renato
Fakhri Husaini (c) Bola.com/Yoppy Renato

Bola.net - Liga 2 musim 2021 tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, pada putaran kedua fase grup ini, ada fenomena menarik dengan banyaknya para legenda yang 'turun gunung' menjadi pelatih di tim kasta kedua.

Kabar yang cukup mengejutkan adalah bergabungnya Fakhri Husaini di skuad Persiba Balikpapan. Mantan pelatih Timnas Indonesia U16 dan U-19 menggantikan Alfredo Vera.

Persiba Balikpapan mengakhiri kerja sama dengan eks pelatih Persebaya Surabaya tersebut lantaran hanya mampu membawa tim Beruang Madu duduk ke peringkat keempat dari enam peserta Grup D Liga 2.

1 dari 4 halaman

Sempat Dikaitkan dengan Persiraja

Selebrasi pemain Persiraja Banda Aceh setelah Assanur Rijal (tengah) mencetak gol kedua ke gawang Persita Tangerang dalam pertandingan Babak Penyisihan Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Slema

Selebrasi pemain Persiraja Banda Aceh setelah Assanur Rijal (tengah) mencetak gol kedua ke gawang Persita Tangerang dalam pertandingan Babak Penyisihan Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Slema

Padahal nama Fakhri Husaini sangat diinginkan publik Aceh untuk menukangi Persiraja di kancah BRI Liga 1 2021/2022. Persiraja yang masih menjadi juru kunci BRI Liga 1, baru saja mendepak pelatih Hendri Susilo dan segera mencari penggantinya.

Adapun Fakhri Husaini juga baru saja mempersembahkan medali perak kepada tim PON Aceh di ajang PON XX Papua. Wajar bila warga Bumi Serambi Mekah menginginkan Fakhri Husaini untuk menangani tim Laskar Rencong.

2 dari 4 halaman

Ruddy Keltjes ke Badak Lampung FC

Nama lain yang juga legenda adalah Ruddy William Keltjes. Setelah sukses mengantar tim PON Jatim meraih perunggu di PON XX Papua, Ruddy Keltjes didaulat membesut tim Badak Lampung FC.

Tim Badak Lampung FC belum lama ini ditinggalkan pelatih kepala, Budiardjo Thalib yang mundur di akhir putaran pertama lalu.

Ruddy Keltjes sangat familiar dengan sepakbola Lampung. Pasalnya, pria berdarah Madura-Belanda ini pernah jadi jurutaktik klub Lampung Putra di era Galatama.

Debut manis bagi Ruddy Keltjes ditandai hasil imbang melawan Persekat Tegal 1-1 pada laga perdana putaran kedua Grup B di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Senin (1/11/2021).

3 dari 4 halaman

Ibnu Grahan ke Muba United

Nama terakhir, Ibnu Grahan. Legenda Persebaya ini merapat ke Muba United setelah mengundurkan diri dari klub 'Sultan' PSG Pati.

Ibnu Grahan berkolaborasi dengan kolega sesama Jatim, Sasi Kirono. Debut Ibnu Grahan bersama Muba United diiringi hasil seri melawan PSPS 0-0 pada 27 Oktober lalu.

Namun Ibnu Grahan punya tugas berat mengangkat Muba United dari posisi juru kunci dengan perolehan dua poin. Dia harus adu cerdik dengan Hendri Susilo yang juga baru dikontrak Semen Padang FC (SPFC).

Baik SPFC dan Muba United, sedang bercokol di papan bawah dengan selisih tiga poin. Kedua pelatih yang tinggal di Surabaya dan Kota Batu ini harus bersaing menghindarkan tim asuhannya dari zona degradasi pada lanjutan penyisihan Grup A di Pekanbaru awal November ini.

Disadur dari Bola.com: Gatot Susetyo/Aryo Atmaja, 2 November 2021

4 dari 4 halaman

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR