Erick Thohir, Kandidat Terkuat Ketum PSSI Versi Survei Indikator Politik Indonesia

Dimas Ardi Prasetya | 13 November 2022, 17:18
Erick Thohir, Kandidat Terkuat Ketum PSSI Versi Survei Indikator Politik Indonesia
Erick Thohir (c) Fitri Apriyani

Bola.net - Erick Thohir menjadi sosok yang paling banyak dipilih responden survei Indikator Politik Indonesia untuk menjadi Ketua Umum PSSI periode mendatang. Pria yang saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut dipilih oleh 289 dari 1200 responden dalam survei tersebut.

Indikator Politik Indonesia sendiri menggelar survei terkait Sikap Publik Terhadap Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI pada 30 Oktober sampai 5 November 2022. Ada 1200 responden yang menjadi sampel dalam survei tersebut. Untuk metode pengambilan data sendiri dilakukan dengan cara wawancara tatap muka dengan responden.

Salah satu pertanyaan dalam survei tersebut adalah soal sosok calon yang tepat mengisi singgasana Ketua Umum PSSI.

Selain Erick Thohir, dalam daftar sosok yang dijagokan responden survei ini adalah Najwa Shihab. Salah seorang jurnalis papan atas Indonesia tersebut mendapat 125 suara responden. Di bawah Nana -sapaan karib Najwa Shihab- ada nama Kaesang Pangarep. Ia mendapat 70 suara responden.

Selain Erick Thohir, Nana, dan Kaesang ada nama-nama seperti Iwan Bule, M. Mahfud MD, Azrul Ananda, La Nyalla Mattalitti, Ratu Tisha Destria, dan beberapa nama lain.

Di sisi lain, ada 512 responden yang tak menjawab pertanyaan soal kandidat Ketua Umum PSSI pilihan mereka.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Tiga Nama Teratas

Ketika nama kandidat dikerucutkan menjadi tiga, sokongan terhadap Erick Thohir kian meroket. Ia mendapat 40 persen suara responden.

Dari 1200 responden, ada 480 orang yang memilih pria berusia 52 tahun ini. Sementara, dua nama lainnya, Iwan Bule dan La Nyalla Mattalitti, masing-masing mendapat 101 dan 61 suara responden.

Di sisi lain, ada 558 orang responden yang tak menjawab pertanyaan soal kandidat Ketua Umum PSSI pilihan mereka.

2 dari 2 halaman

Paling Pantas Jadi Ketua

Menurut Indikator Politik Indonesia, dalam rilis mereka, Eric Thohir merupakan tokoh yang dianggap responden mereka paling pantas menjadi Ketua Umum PSSI Iwan Bule. Sosok Erick Thohir dinilai cukup menonjol dibanding sejumlah nama lain, bahkan dibanding Iwan Bule sendiri.

Erick Thohir dianggap paling pantas sebagai Ketua Umum PSSI di tiap kelompok demografi, wilayah, sebagian besar penyuka olahraga, di tiap kelompok penggemar klub domestik, dan sebagian besar kelompok ormas.

Menurut Indikator Politik Indonesia, saat ini, reformasi di tubuh PSSI untuk perbaikan sepak bola nasional tampak sangat mendesak dilakukan. Ini terutama karena potensi Indonesia yang sangat besar di dunia sepak bola.

Sekitar 21% warga nasional gemar bermain sepak bola, terbesar dibanding olahraga lainnya. Kemudian, hampir 30% warga sering menyaksikan pertandingan sepak bola.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR