BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Empat Pelatih Lokal yang Berpeluang Nakhodai Arema FC Musim 2021

08-04-2021 09:45 | Gia Yuda Pradana

Sesi Latihan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Senin (22/2/2021) (c) Bola.net/Dendy Gandakusumah
Sesi Latihan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Senin (22/2/2021) (c) Bola.net/Dendy Gandakusumah

Bola.net - Arema FC saat ini sedang mencari sosok nakhoda untuk memimpin armada mereka pada musim kompetisi 2021. Klub berlogo singa mengepal ini berharap saat izin kompetisi diberikan, pada Final Piala Menpora 2021, mereka sudah memiliki nama pelatih tersebut.

Ada sejumlah nama yang disebut menjadi kandidat kuat untuk mengarsiteki klub ini. Nama-nama mulai Milomir Seslija, Milan Petrovic, hingga Marcos Soares pun sempat dikaitkan dengan Arema. Bahkan, mantan pelatih Semen Padang, Eduardo Almeida pun sempat diminati klub ini. Namun, Almeida akhirnya memilih untuk melanjutkan karier kepelatihannya di Oman.

Belakangan, manajemen Arema membuka diri terhadap sosok pelatih lokal. Manajemen Arema FC tak lagi mensyaratkan bahwa sosok pelatih anyar mereka haruslah sosok asing.

Namun, manajemen Arema FC mengaku tak mau asal dalam merekrut pelatih lokal. Mereka mensyaratkan pelatih anyar ini memiliki lisensi kepelatihan profesional, AFC Pro atau yang setara.

Saat ini, ada 20 pelatih lokal yang memiliki lisensi kepelatihan profesional. Dari nama-nama tersebut, ada sejumlah nama yang memiliki peluang untuk bisa menangani Arema FC pada musim 2021. Siapa saja mereka? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Liestiadi

Liestiadi (c) Bola.com/Abdi Satria
Liestiadi (c) Bola.com/Abdi Satria

Liestiadi merupakan sosok yang sudah tak asing lagi bagi Arema. Pelatih asal Medan ini sempat menjadi asisten Robert Rene Alberts dan membantu membawa Arema menjadi juara Liga Indonesia pada musim 2009/2010.

Sebagai sosok pelatih, ia dikenal sangat cerdas dan memiliki kemampuan komunikasi yang bagus. Selain itu, pengalaman Liestiadi dalam bidang kepelatihan pun melimpah. Ia bahkan sempat masuk ke tim pelatih Timnas Indonesia.

Musim 2019, Liestiadi sempat menangani PSIM Yogyakarta, menggantikan Aji Santoso yang mundur dari klub tersebut.

2 dari 4 halaman

Tony Ho

Tony Ho (c) Antok
Tony Ho (c) Antok

Sama seperti Liestiadi, Tony Ho bukanlah sosok asing bagi Arema. Pelatih asal Makassar ini sempat menjadi keluarga besar Arema. Tony Ho sempat menjadi asisten pelatih Arema, Miroslav Janu.

Tony Ho juga memiliki karier panjang di dunia kepelatihan. Ia pernah menakhodai Persebaya DU -yang kini bersalin menjadi Bhayangkara Solo FC- di Divisi Utama PT Liga Indonesia musim 2013. Waktu itu, Tony Ho sukses membawa timnya menjadi juara dengan rekor tak terkalahkan.

3 dari 4 halaman

Wolfgang Pikal

Wolfgang Pikal (c) Bola.net/Mustopa El Abdy
Wolfgang Pikal (c) Bola.net/Mustopa El Abdy

Jika dua nama sebelumnya sempat menjadi asisten pelatih di Arema, Pikal melangkah lebih jauh lagi. Pelatih berdarah Austria ini bahkan sempat menjadi pelatih kepala Arema pada musim 2011/2012.

Selain Arema, Pikal juga sempat menangani Persebaya Surabaya. Pelatih yang kini berusia 53 tahun tersebut pun juga pernah menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia, mendampingi pelatih kepala Alfred Riedl.

Saat ini, Pikal aktif menjadi instruktur kepelatihan yang diselenggarakan oleh PSSI.

4 dari 4 halaman

Iwan Setiawan

Iwan Setiawan (c) Pusamania Borneo FC
Iwan Setiawan (c) Pusamania Borneo FC

Berbeda dengan tiga nama sebelumnya, Iwan Setiawan tak pernah menangani Arema. Namun, namanya tetap masuk sebagai salah satu kandidat pelatih lokal yang bisa menakhodai tim tersebut.

Manajemen Arema disebut senang dengan permainan agresif dan penuh determinasi yang biasa ditunjukkan tim-tim besutan Iwan Setiawan. Permainan ini identik dengan permainan khas Malang, yang selama ini digembar-gemborkan sebagai ciri permainan Arema.

Terakhir, Iwan Setiawan melatih di klub Liga 3, Persidi Idi Rayeuk.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR