BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Elkan Baggott dan 2 Pemain Keturunan Indonesia di Sepak Bola Inggris

30-01-2021 20:15 | Asad Arifin

Pemain Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott (c) dok. PSSI Pemain Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott (c) dok. PSSI

Bola.net - Elkan Baggott telah meneken kontrak profesional dengan klub Ipswich Town. Baggott menepis segala spekulasi yang menyebut dia menjadi bidikan beberapa klub Premier League.

Mendapatkan kontrak berdurasi hingga 2023 tentu bukan perkara sepele. Ini menjadi bukti bahwa Ipswich Town percaya betul dengan kemampuan Elkan Baggott.

Lahir di Bangkok, Thailand, dari pasangan Inggris dan Indonesia, Elkan Baggott menjadi pesepak bola Indonesia pertama yang menandatangani kontrak profesional di Liga Inggris.

Tentu saja Elkan Baggott bukan pesepak bola keturunan Indonesia pertama yang berkarier secara profesional di luar negeri. Tapi di Inggris, bek muda berusia 18 tahun itu adalah yang perdana.

Kabar baik ini menyusul sejumlah pesepak bola Indonesia lainnya yang sedang dan pernah berkarier di luar negeri, seperti Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, hingga yang terkini Asnawi Mangkualam (Liga Korea Selatan).

Di Liga Inggris, hanya segelintir saja pesepak bola keturunan Indonesia yang bermain. Selain Elkan Baggott, berikut pemain berdarah Indonesia yang berkiprah di Inggris.

1 dari 2 halaman

Joseph Simatupang

Joseph Simatupang Ferguson (kanan) saat menandatangani kontrak bersama Blackburn Rovers. (c) AP Photo Joseph Simatupang Ferguson (kanan) saat menandatangani kontrak bersama Blackburn Rovers. (c) AP Photo

Joseph Simatupang, dari namanya saja kita bisa tebak bahwa ia memiliki darah batak. Saat ini, bek kanan berusia 18 tahun masih berstatus pemain Blackburn Rovers U-18. Kontraknya belum profesional alias youth contract.

Dilansir dari laman penyedia data statistik dan kontrak pesepak bola, Transfermarkt, pemain bernama lengkap Joseph Simatupang Ferguson ini sudah bermain sebanyak enam kali di kompetisi Premier League U-18.

Adapun darah Indonesia didapatkan dari ibunya. Sang ibunda lahir dan besar di Pontianak, Kalimantan. Dengan begitu, kans untuk berseragam Timnas Indonesia masih besar selama Joseph Simatupang belum bermain di Timnas Inggris.

Ketika ditanya apakah ia mau bermain untuk Timnas Indonesia, Joseph Simatupang mengutarakan ketertarikannya. Namun, untuk saat ini ia belum bisa membuat keputusan.

"Saya tahu pertanyaan ini bakal muncul. Tentu saja bermain untuk Timnas Indonesia akan jadi sesuatu yang besar buat saya. Mama saya dari Indonesia, saya sering ke Indonesia," ujarnya.

"Tapi, kita tidak tahu apa yang akan terjadi nanti. Jadi, kita lihat saja," ujarnya lagi.

2 dari 2 halaman

Justin Hubner

Berikutnya ada Justin Quincy Hubner, pesepak bola keturunan Indonesia yang bermain reguler di tim U-18 dan U-23.

Masih berusia 17 tahun, ia sudah pernah satu kali membela Timnas Belanda. Dalam sebuah kesempatan interview bersama Yussa Nugra, Justin Hubner mengaku tertarik untuk membela Timnas Indonesia jika ada panggilan dari PSSI.

Posisinya sama seperti Elkan Baggott, yakni bek tengah. Ia juga berkaki kidal. Namun bedanya, Justin Hubner juga bisa dimainkan di posisi bek kiri dan memiliki atribut menyerang yang bagus.

Masih berusia 17 tahun, ia sudah pernah satu kali membela Timnas Belanda. Sebelum bergabung dengan Wolves, Justin Hubner lebih dulu bermain di klub Belanda, FC Den Bosch.

"Saya sudah pernah satu kali bermain untuk Timnas Belanda dalam laga uji coba. Sulit buat menentukan apakah saya akan membela Timnas Belanda atau Indonesia. Mungkin jawabannya akan ketahuan nanti," katanya.

Justin Hubner, dilansir dari Transfermarkt, sudah bermain sebanyak 10 kali di kompetisi Premier League U-18 dan semuanya selama 90 menit alias 100 persen. Ia terlibat pada kemenangan Wolves atas Liverpool pada November tahun lalu.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Gregah Nurikhsani, 30 Januari 2021)

KOMENTAR