BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

El Loco Antarkan Arema ke Final SCM Cup

25-01-2015 21:26 |

Cristian Gonzales. (c) Mamat Cristian Gonzales. (c) Mamat

Bola.netBola.net - Gol semata wayang Cristian Gonzales membawa Arema Cronus mengalahkan Persebaya dengan skor 1-0, Minggu (25/1) malam. El Loco juga mengantarkan Singo Edan melaju ke partai final SCM Cup 2015 menghadapi Sriwijaya FC.


Persebaya memang sempat menebar ancaman pada menit ketiga melalui Evan Dimas. Tapi selepas itu kendali permainan dipegang oleh pemain Arema. Hingga 20 menit awal babak pertama, skuat besutan Suharno bermainan dominan. Utamanya di lini tengah.

Percobaan dilakukan Gede Sukadana pada menit ke-21. Namun sepakannya hanya melambung jauh di atas mistar. Dominasi Arema belum terbantahkan hingga setengah jam paruh pertama berjalan. Praktis Persebaya lebih banyak bertahan.

Momen kebangkitan Persebaya terjadi setelah kemelut diciptakan Evan Dimas lewat eksekusi tendangan bebasnya pada menit ke-32. Setelah itu, perlahan tapi pasti Persebaya mulai merambat masuk ke pertahanan Arema.

Pergerakan Siswanto, Evan Dimas, Ilham Udin dan Fandi Eko Utomo cukup merepotkan twin tower Arema, Fabiano Beltrame dan Victor Igbonefo. Fandi hampir menjebol gawang Singo Edan pada menit ke-45. Sayang headingnya masih bisa ditepis kiper Kadek Wardana. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Persebaya membuka kesempatan lewat umpan terobosan Evan kepada Ilham Udin Armaiyn pada menit ke-52. Sayang shooting Ilham sangat lemah dan bisa dibaca dengan mudah oleh Kadek Wardana.

Arema membalas melalui Samsul Arif di menit ke-64. Tapi bola melambung jauh di atas gawang Jandri Pitoy. Hingga menit ke-70, Arema sudah melakukan dua pergantian, yakni Novian Dani dan Dendi Santoso. Sedangkan Persebaya menurunkan Prince Kabir Bello dan Asep Berlian.

Tendangan bebas dilepaskan Bustomi di menit ke-77. Tapi bola lebih mengarah ke kiper Jandri Pitoy. Untuk menambah daya dobrak, Arema menurunkan Yao Ruddy menggantikan Samsul Arif pada menit ke-83. Sedangkan Persebaya memainkan Wage Dwi Aryo menggantikan Siswanto.

Tekanan dilakukan Dendi Santoso. Sayang bola menyamping di kiri gawang. Hingga lima menit menjelang laga usai, kedua tim belum mampu mencetak angka. Peluang-peluang yang mereka ciptakan dapat dengan mudah dimentahkan tim lawan.

Dua kemelut terjadi di muka gawang Arema di masa injury time. Kans pertama diciptakan David Bala. Tapi bisa ditepis kiper Kadek Wardana. Sedangkan gol Firly dianulir karena ia melakukan handsball. Laga dilanjut dengan extra time.

Pergantian kembali dilakukan Arema Cronus dengan menurunkan Juan Revi menggantikan Ahmad Bustomi. Bustomi nampak mengalami cedera usai ditabrak Asep Berlian. Sementara Persebaya memainkan Fauzan Jamal untuk mengisi ruang Dany Saputra.

Sebuah kemelut terjadi di latar gawang pada menit ke-99. Tapi peluang itu gagal dimaksimalkan Yao Ruddy dan Dendi Santoso. Arema akhirnya membuka keunggulan lewat gol Cristian Gonzales pada menit ke-100.

Menyambut crossing Hasim Kipuw, tendangan akrobatik El Loco bersarang mulus di jala Jandri Pitoy. Gonzales hampir mencetak gol kedua kedi menit ke-107. Mendapat assist Dendy Santoso, sepakan pemain yang memiliki nama musli, Mustofa Habibie ini masih melambung di atas mistar.

Arema mengalami kesialan setelah Kipuw yang terlibat sedikit gesekan dengan Bala, diganjar kartu kuning kedua pada menit ke-110. Untuk memperkuat lini belakang, Arema menurunkan Purwaka Yudhi menggantikan Gede Sukadana.

Unggul jumlah pemain tak mampu dimaksimalkan Persebaya. Apalagi lini depan mereka sangat melempem. Lewat sebuah serangan balik yang dibangun Juan Revi, Arema bisa memperlebar jarak. Sayang bola gagal dimaksimalkan Dani. Skor 1-0 mengantarkan Arema ke final SCM Cup 2015. 

KOMENTAR