BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Eks Pemain Asing Persib yang Berstatus Punggawa Timnas

02-08-2021 22:21 | Serafin Unus Pasi

Striker Persib Bandung, Wander Luiz, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persiraja Banda Aceh pada laga Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Jumat, (2/4/2021). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Striker Persib Bandung, Wander Luiz, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persiraja Banda Aceh pada laga Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Jumat, (2/4/2021). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Persib Bandung seperti punya selera tersendiri dalam merekrut legiun asing. Satu di antaranya mempertimbangkan status pemain yang masih aktif memperkuat timnas negara masing-masing.

Baik perekrutan pemain asing Asia maupun non-Asia, Persib selalu mencari yang punya nama di negaranya. Hal itu bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

Dari penelusuran berbagai sumber, ada beberapa nama yang sekiranya layak untuk diulas. Mereka merupakan contoh perekrutan andalan Persib, di tengah masa jaya sebagai pemain timnas di negaranya masing-masing.

Mereka di antaranya adalah Ezechiel N'Douassel, Suchao Nutnum, Shahril Ishak, Sinthaweechai Hathairattanakool, dan Christian Bekamenga. Berikut ulasan profil singkat kelima pemain tersebut.

1 dari 5 halaman

1. Ezechiel N'Douassel

(c) AFP
(c) AFP

Pemain berusia 33 tahun ini merupakan andalan Timnas Chad. Ia direkrut Persib pada 2017 untuk mengisi lapangan depan.

Saat ini, Ezechiel N'Douassel memiliki caps Timnas Chad sebanyak 39 pertandingan dengan mencetak sembilan gol. Laga terakhirnya bersama Timnas Chad terjadi pada November 2019 ketika bersua Namibia di Kualifikasi Nations of Africa Cup 2021.

Ezechiel N'Douassel memperkuat Persib pada 2017-2019. Selama tiga musim bersama Maung Bandung, ia tercatat bermain dalam 62 laga dengan mencetak 36 gol. Sejak 2020, ia membela Bhayangkara FC.

2 dari 5 halaman

2. Suchao Nutnum

Pesepakbola yang bermain di posisi gelandang ini direkrut Persib pada 2009. Statusnya ketika itu adalah pemain pinjaman dari klub asal Thailand, TOT FC.

Suchao Nuchnum bertahan di Persib hingga 2010, dengan catatan 17 kali bermain. Gol yang dicetaknya ada tiga.

Ketika didatangkan tim asal Kota Kembang itu, status Suchao Nutnum adalah pemain Timnas Thailand. Ia aktif sejak 2005 hingga pensiun dari pentas internasional pada 2015. Caps di Timnas Thailand adalah 58 laga dengan enam gol.

3 dari 5 halaman

3. Shahril Ishak

Pesepakbola bernama lengkap Mohammad Shahril bin Ishak ini adalah salah satu legenda Timnas Singapura. Dulu ketika masih aktif di laga internasional, ia menjadi pilar lini depan Negeri Singa.

Posisi bermainnya adalah gelandang serang atau striker murni. Shahril Ishak sekarang sudah pensiun dari tugas internasional. Ia bermain di Timnas Singapura dari 2003 hingga 2018.

Pemain yang pada 2021 bermain untuk klub asal Singapura, Hougang United ini sekarang berusia 37 tahun. Pernah menjadi bagian dari skuad Persib pada 2011. Namun, catatan bermainnya terbilang minim, hanya tujuh kali main dengan mencetak satu gol.

4 dari 5 halaman

4. Sinthaweechai Hathairattanakool

Kiper berusia 39 tahun ini pernah dua kali bermain untuk Persib. Pertama pada 2006 saat kontraknya di Osotsapa habis, lalu pindah ke Bandung.

Kemudian kesempatan kedua pada 2009, dengan status pinjaman dari klub asal Thailand, Chonburi. Ketika memperkuat Persib, ia selalu menjadi kiper utama.

Sinthaweechai Hathairattanakool saat berkostum Persib juga merupakan kiper utama Timnas Thailand. Ia baru pensiun dari dunia internasional pada 2018.

5 dari 5 halaman

5. Christian Bekamenga

Statusnya ketika direkrut Persib adalah pemain Timnas Kamerun. Christian Bekamenga didatangkan Persib pada 2007 dari klub asal Malaysia, Negeri Sembilan FA.

Namun di Persib, ia hanya bertahan sampai 2008. Catatannya bersama Maung Bandung adalah 20 pertandingan dengan mencetak 17 gol.

Untuk di Timnas Kamerun, Christian Bekamenga yang saat ini memperkuat klub asal Bolivia, Real Potosi hanya sempat satu kali dipanggil. Sekarang usianya sudah 35 tahun, tetapi belum menyatakan diri pensiun dari Timnas Kamerun.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR