Duel Antarlini Persib Bandung vs Madura United: Akankah Tembok Pertahanan Maung Bandung Mampu Redam Trisula Laskar Sape Kerrab?

Abdi Rafi Akmal | 30 Juli 2022, 06:30
Duel Antarlini Persib Bandung vs Madura United: Akankah Tembok Pertahanan Maung Bandung Mampu Redam Trisula Laskar Sape Kerrab?
Aksi Rachmat Irianto bersama Persib Bandung di BRI Liga 1 2022/2023 (c) Ikhwan Yanuar

Bola.net - Persib Bandung dan Madura United akan saling berhadapan pada pekan ke-2 BRI Liga 1 2022/2023. Kedua tim akan bertemu di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Sabtu (30/7) sore.

Kedua tim memiliki nasib yang berbeda satu sama lain pada pekan ke-1. Persib hanya mampu mengais satu angka, sedangkan Madura United sudah mendapatkan poin maksimal.

Persib pada pertandingan sebelumnya harus jebol pada menit akhir sehingga tertahan 2-2 oleh Bhayangkara FC. Beda halnya dengan Madura United yang berpesta delapan gol tanpa balas ke gawang Barito Putera.

Pertandingan nanti akan jadi pertaruhan bagi kedua tim untuk meningkatkan kualitas mereka. Kira-kira bagaimana duel antarlini antara Maung Bandung dan Laskar Sape Kerrab ya, Bolaneters?

1 dari 4 halaman

Kiper

Fitrul Dwi Rustapa (c) FB Persegres GU

Fitrul Dwi Rustapa (c) FB Persegres GU

Di sektor kiper, kedua tim sama-sama mengandalkan kiper yang baru didatangkan pada bursa transfer lalu. Fitrul Dwi Rustapa didatangkan dari tim degradasi Persipura Jayapura, lalu di kubu Madura United ada Rendy Oscario yang didatangkan dari Persita Tangerang.

Fitrul gagal mencuri perhatian Bobotoh lantaran harus menerima gawangnya jebol dua kali. Padahal, kiper berusia 27 tahun itu harus membuktikan kualitasnya, sehingga ketika Teja Paku Alam sudah sembuh dari cederanya, Fitrul dapat memberikan persaingan yang berarti.

Rendy tampak berhasil memikat pelatih kiper Madura United selama masa persiapan. Pasalnya, Madura United memiliki tiga kiper yang seluruhnya baru didatangkan. Ketiga kiper itu adalah kiper utama di masing-masing tim sebelumnya, namun Rendy mencuat namanya dan membuktikan diri bahwa kiper berusia 23 tahun itu pantas didaulat jadi kiper utama.

2 dari 4 halaman

Belakang

Fachrudin W Ariyanto (kanan). (c) Madura United Official

Fachrudin W Ariyanto (kanan). (c) Madura United Official

Sembari menunggu Victor Igbonefo dan Nick Kuipers sembuh dari cederanya, Persib tampak akan memainkan duet Achmad Jufriyanto dan Rachmat Irianto di jantung pertahanan.

Pada sisi kiri, pemain asing Daisuke Sato yang tak memiliki masalah pada kebugarannya bisa kembali dimainkan. Henhen Herdiana masih mendapat kepercayaan pelatih untuk mengawal pertahanan sebelah kanan Persib.

Madura United sendiri akan mengandalkan duet Fachruddin Aryanto dan Cleberson di jantung pertahanan. Walau duet ini terbilang baru, keduanya mampu mengawal lini terakhir dengan sangat baik.

Reva Adi Utama, mantan pemain inti Persebaya musim lalu, juga berhasil dengan cepat mendapat kepercayaan di Madura United untuk mengawal pertahanan sebelah kiri. Posisi bek kanan masih akan diperebutkan oleh nama Novan Sasongko, Birrul Walidain, dan Alexvan Dijn.

3 dari 4 halaman

Tengah

Pemain Persib Bandung, Marc Klok melambaikan usai pertandingan melawan Barito Putra pada laga BRI Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (4/9/2021). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Pemain Persib Bandung, Marc Klok melambaikan usai pertandingan melawan Barito Putra pada laga BRI Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (4/9/2021). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Persib punya banyak pilihan di lini tengah. Namun, mengingat Irianto digeser sementara jadi bek tengah, maka satu posisi yang baru pasti adalah posisinya Marc Klok.

Klok yang bertipe sebagai pengatur ritme serangan dari belakang memerlukan dua gelandang yang cenderung ofensif. Beckham Putra dan Ricky Kambuaya dapat jadi pilihan yang tepat untuk membuat serangan Persib lebih hidup dan variatif.

Madura United belum menemukan pakem untuk komposisi lini tengah. Di pertandingan terakhir, dua dari tiga gelandang tengahnya diganti, sehingga menunjukkan Madura United masih bongkar pasang pemain.

Meski begitu, Madura United dipastikan tetap akan memasukkan nama Hugo Gomes alias Jaja untuk mengisi posisi di lini tengah. Jaja adalah pemain komplet untuk lini tengah, mulai dari bertahan sampai menyerang.

4 dari 4 halaman

Depan

Pemain Madura United, Luiz Marcelo Morais dos Reis alias Lulinha (c) Bola.com/Wahyu Pratama

Pemain Madura United, Luiz Marcelo Morais dos Reis alias Lulinha (c) Bola.com/Wahyu Pratama

Persib bakal punya masalah besar di lini depan karena dua pemain asingnya diragukan tampil. Ciro Alves masih dibekap cedera, sedangkan David Da Silva belum pasti diturunkan.

Itu berarti Persib bakal mengandalkan para pemain lokal di lini depan. Kombinasi antara kecepatan Febri haryadi dan Frets Butuan menyisir dari sayap, ditambah pergerakan yang ciamik dari Ezra Wallian akan jadi tumpuan utama Persib.

Sementara Madura United punya lini depan yang menyeramkan. Trisulanya, Malik Risaldi, Beto Goncalves, dan Lulinha, seluruhnya mencetak gol pada laga pertama. Lulinha bahkan mencetak hattrick.

Tanpa ada masalah dengan kebugaran atau cedera, Madura United dapat menurunkan trisula mautnya itu. Kombinasi di antara ketiganya dapat menebar teror ke gawang Persib.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR