Dokter Tim Arema FC Puji Metode Latihan Javier Roca

Richard Andreas | 21 September 2022, 23:33
Pelatih Arema FC, Javier Roca. (c) PT LIB Official
Pelatih Arema FC, Javier Roca. (c) PT LIB Official

Bola.net - Metode latihan Javier Roca di Arema FC mendapat pujian dari dokter tim berlogo singa mengepal tersebut, dr. Nanang Tri Wahyudi Sp.KO. Dokter lulusan Universitas Gajah Mada ini menilai metode latihan Roca lebih sesuai untuk mengantisipasi risiko cedera anak asuhnya.

"Saya lihat pelatih sudah berusaha memodifikasi dan mengatur volume latihan," ucap Nanang, beberapa waktu lalu.

"Harapannya, dengan pola latihan yang berimbang antara intensitas dan recovery, risiko cedera karena overuse kian berkurang," sambungnya.

Roca sendiri sebelumnya membawa pendekatan baru dalam metode latihan timnya. Pelatih asal Chile ini menyebut akan mengurangi volume latihan dan meningkatkan intensitas latihan.

Metode ini tak lepas dari kondisi skuad Arema FC yang dilanda kelelahan. Bahkan, akibat kelelahan ini, sejumlah pemain klub tersebut mengalami cedera.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Terkena Overuse

Sementara itu, menurut Nanang, cedera yang dialami sejumlah pemain Arema FC tersebut bisa disebabkan oleh kondisi overuse. Kondisi ini terjadi ketika otot dipakai secara berlebihan.

"Otot bekerja keras dan tidak diimbangi recovery yang cukup," papar Nanang.

"Seperti taksi, para pemain ini hanya dipakai untuk narik terus, tapi nggak sempat diservis dan ganti suku cadang," sambungnya.

(Dendy Gandakusumah/Bola.net)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR