BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Dokter Arema FC Minta Kartika Ajie Tak Paksakan Main Terlalu Cepat

13-03-2021 19:23 | Gia Yuda Pradana

Kurniawan Kartika Ajie (c) Bola.com/Iwan Setiawan
Kurniawan Kartika Ajie (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Dokter tim Arema FC, dr. Nanang Tri Wahyudi Sp.KO memberi wanti-wanti soal proses pemulihan cedera Kurniawan Kartika Ajie. Ia meminta agar proses pemulihan Ajie tak dilakukan secara terburu dan terlalu cepat kembali bermain.

"Memang ada kemungkinan Ajie pulih lebih cepat dari perkiraan sebelumnya,' kata dr. Nanang Tri Wahyudi, Sabtu (13/03).

"Namun, kita tak merekomendasikan Ajie untuk main lebih cepat," sambungnya.

Nanang pun membeber alasan di balik wanti-wantinya tersebut. Menurut alumnus Universitas Indonesia ini, hal tersebut berkaitan dengan risiko yang mungkin terjadi apabila Ajie terlalu cepat kembali bermain.

"Kalau robek lagi, bisa setahun lagi. Bisa selesai kariernya," tutur Nanang.

"Ini yang membuat kita saklek terkait timeline. Kita nggak toleransi," imbuhnya.

Sebelumnya, Ajie sendiri sudah kembali berlatih di lapangan pada Sabtu (13/03). Ini adalah pertama kalinya kiper berusia 24 tahun tersebut kembali berlatih bersama tim usai cedera yang menderanya sejak awal Agustus 2020 lalu.

Ajie sendiri mengaku tak ada masalah dengan cedera atau bekas operasinya. Ia hanya mengaku sempat merasakan sedikit trauma kala melahap porsi latihan yang diberikan. Namun, ia memastikan, seiring dengan kian kerapnya latihan, trauma tersebut akan menghilang.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Waktunya Kembali ke Lapangan

Kurniawan Kartika Ajie harus dibopong keluar lapangan setelah mengalami cedera di sesi latihan Arema FC, Senin (3/8/2020) (c) Bola.net/Dendy Gandakusumah
Kurniawan Kartika Ajie harus dibopong keluar lapangan setelah mengalami cedera di sesi latihan Arema FC, Senin (3/8/2020) (c) Bola.net/Dendy Gandakusumah

Lebih lanjut, Nanang menyebut bahwa saat ini, memang sudah waktunya Ajie kembali ke lapangan. Menurut dokter berusia 42 tahun tersebut, proses pemulihan Ajie di klinik sudah selesai.

"Saat ini, ia sudah waktunya adaptasi lapangan, juga adaptasi skill," tutur Nanang.

"Jadi, selama tiga bulan ke depan, ia akan di-drill dalam aspek skill kipernya," ia menambahkan.

2 dari 2 halaman

Terus Pantau Kondisi Ajie

Kiper Arema FC Kurniawan Kartika Ajie (kiri). (c) Dendy Gandakusumah
Kiper Arema FC Kurniawan Kartika Ajie (kiri). (c) Dendy Gandakusumah

Sementara itu, Nanang menilai bahwa Ajie mampu melakoni sesi latihan pertamanya di lapangan dengan baik. Namun, menurut lulusan Ilmu Kedokteran Olahraga Universitas Indonesia tersebut, tim medis Arema FC akan terus memantau perkembangan proses pemulihan Ajie.

"Kita evaluasi bagaimana kondisinya besok," kata Nanang.

"Dengan latihan yang ringan tapi spesifik seperti apa responnya. Ini akan diketahui besok. Hari ini mungkin belum kerasa," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR