BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Dipuncaki Bali United, Ini Daftar Banderol Skuad Klub-Klub Liga 1 versi Transfermarkt

24-04-2021 21:11 | Aga Deta

Selebrasi pemain Bali United, Ilija Spasojevic (tengah) usai menjebol gawang ke gawang Persiraja Banda Aceh, dalam pertandingan Babak Penyisihan Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Senin (29/3/2021). 
 (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar
Selebrasi pemain Bali United, Ilija Spasojevic (tengah) usai menjebol gawang ke gawang Persiraja Banda Aceh, dalam pertandingan Babak Penyisihan Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Senin (29/3/2021). (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Bola.net - Jelang musim kompetisi 2021, bursa transfer klub-klub Liga 1 mulai memanas. Klub-klub kontestan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia tersebut mulai menyusun komposisi tim.

Sejumlah klub menggunakan ajang Piala Menpora 2021 sebagai ajang untuk menyusun kepingan puzzle tim mereka. Ada sejumlah pemain anyar didatangkan dan ada juga sejumlah pemain lawas yang dilepas.

Pergerakan di bursa transfer kompetisi Liga 1 ini tak lepas dari catatan Transfermarkt. Laman statistik yang berkaitan dengan bursa transfer tersebut mencatat nilai klub-klub peserta Liga 1 berdasar skuad yang mereka miliki.

Ingin tahu siapa klub Liga 1 dengan skuad termahal atau termurah versi Transfermarkt? Ingin tahu juga banderol klub kesayangan pada musim 2021? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 20 halaman

Bali United

Bali United menempati peringkat pertama dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt. Serdadu Tridatu disebut memiliki skuad dengan banderol yang ditaksir sebesar 4,63 juta Euro.

Banderol ini merupakan akumulasi dari banderol 31 orang pemain yang ada di tim ini. Rata-rata, banderol penggawa Bali United adalah 149 ribu Euro.

Menurut laman Transfermarkt, pemain termahal yang ada di kubu Bali United adalah Willian Pacheco, yang berbanderol 350 ribu Euro.

2 dari 20 halaman

Bhayangkara Solo FC

Posisi dua dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt ditempati Bhayangkara Solo FC. Tim yang kini dibesut Paul Munster tersebut ditaksir memiliki skuad dengan banderol sebesar 4,40 juta Euro.

Banderol ini merupakan akumulasi dari banderol 29 pemain Bhayangkara Solo FC. Rata-rata, seorang penggawa Bhayangkara berbanderol sebesar 152 ribu euro.

Laman Transfermarkt mencatat, pemain termahal yang ada di kubu The Guardian adalah Ezechiel N'Douasel. Pemain asal Chad ini disebut memiliki nilai sebesar 375 ribu Euro.

3 dari 20 halaman

Persija Jakarta

Persija Jakarta menempati peringkat ketiga dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt. Macan Kemayoran ditaksir memiliki banderol sebesar 4,33 juta Euro.

Banderol 4,33 juta Euro ini merupakan akumulasi dari 33 penggawa Persija. Rata-rata, penggawa Persija memiliki banderol sebesar 131 ribu Euro.

Menurut laman Transfermarkt, pemain Persija Jakarta dengan banderol termahal adalah Marko Simic. Pemain asal Kroasia ini disebut memiliki banderol sebesar 450 ribu Euro.

4 dari 20 halaman

Persib Bandung

Posisi empat dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt ditempati Persib Bandung. Maung Bandung ditaksir memiliki skuad dengan banderol sebesar 4,25 juta Euro.

Banderol ini merupakan akumulasi dari nilai 34 penggawa Persib Bandung. Rata-rata, seorang pemain Persib Bandung memiliki banderol sebesar 1,25 juta Euro.

Laman Transfermarkt mencatat, penggawa Persib Bandung dengan banderol tertinggi adalah Nick Kuipers. Pemain asal Belanda ini ditaksir memiliki nilai sebesar 375 ribu Euro.

5 dari 20 halaman

Madura United

Madura United menempati peringkat kelima dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt. Para penggawa Laskar Sapeh Kerrab disebut memiliki banderol sebesar 3,70 juta Euro.

Banderol 3,70 juta Euro ini merupakan akumulasi dari banderol 31 penggawa Madura United. Rata-rata, seorang penggawa Madura United memiliki banderol 119 juta Euro.

Laman Transfermarkt mencatat, penggawa Madura United dengan banderol tertinggi adalah Jaimerson da Silva. Pemain asal Brasil ini ditaksir memiliki nilai sebesar 375 ribu Euro.

6 dari 20 halaman

PSS Sleman

Posisi enam dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt ditempati PSS Sleman. Laskar Super Elja disebut memiliki banderol sebesar 3,18 juta Euro.

Banderol ini merupakan akumulasi dari 30 penggawa PSS Sleman. Rata-rata, tiap penggawa PSS Sleman memiliki banderol sebesar 106 ribu Euro.

Laman Transfermarkt mencatat, penggawa PSS dengan banderol tertinggi saat ini adalah Aaron Evans. Bek asal Australia ini ditaksir memiliki banderol sebesar 300 ribu Euro.

7 dari 20 halaman

PSIS Semarang

PSIS Semarang menempati peringkat ketujuh dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt. Laskar Mahesa Jenar disebut memiliki banderol sebesar 3,13 juta Euro.

Banderol 3,13 juta Euro ini merupakan akumulasi dari 35 penggawa PSIS Semarang. Rata-rata, penggawa PSIS Semarang memiliki banderol sebesar 89 ribu Euro.

Laman Transfermarkt mencatat, penggawa PSIS Semarang dengan banderol tertinggi saat ini adalah Bruno Silva. Penyerang yang absen pada Piala Menpora 2021 ini dibanderol 300 ribu Euro.

8 dari 20 halaman

Persikabo 1973

Posisi delapan dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt ditempati Persikabo 1973. Klub yang kini diasuh Igor Kriushenko tersebut ditaksir memiliki banderol sebesar 3,05 juta Euro.

Banderol ini merupakan akumulasi dari nilai 26 orang penggawa Persikabo 1973. Rata-rata, penggawa tim ini memiliki banderol sebesar 117 ribu Euro.

Laman Transfermarkt mencatat, penggawa Persikabo 1973 dengan banderol tertinggi adalah Ciro Alves. Pemain berusia 32 tahun ini dibanderol sebesar 300 ribu Euro.

9 dari 20 halaman

Borneo FC

Borneo FC menempati peringkat kesembilan dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt. Pesut Etam ditaksir memiliki banderol pemain sebesar 2,6 juta Euro.

Banderol ini merupakan akumulasi dari nilai 27 orang pemain mereka. Rata-rata, pemain tim yang kini dibesut Mario Gomez tersebut memiliki banderol sebesar 96 ribu Euro.

Transfermarkt menyebut bahwa pemain Borneo FC dengan banderol tertinggi adalah Amer Bekic. Banderol pemain asal Bosnia-Herzegovina ini ditaksir mencapai 250 ribu Euro.

10 dari 20 halaman

Persipura Jayapura

Posisi sepuluh dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt ditempati Persipura Jayapura. Mutiara Hitam disebut memiliki banderol sebesar 2,6 juta Euro.

Banderol ini merupakan akumulasi dari 26 penggawa Persipura Jayapura. Rata-rata, para penggawa Pesut Etam memiliki banderol sebesar 100 ribu Euro.

Transfermarkt mengungkap bahwa pemain Persipura dengan banderol tertinggi adalah Boaz Solossa. Kapten dan legenda hidup Persipura ini ditaksir memiliki harga sebesar 275 ribu Euro.

11 dari 20 halaman

PSM Makassar

PSM Makassar menempati posisi sebelas dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt. Juku Eja disebut memiliki banderol pemain sebesar 2,43 juta Euro.

Banderol 2,43 juta Euro ini merupakan akumulasi dari 29 pemain yang dimiliki PSM. Rata-rata, seorang pemain PSM Makassar memiliki banderol sebesar 84 ribu Euro.

Transfermarkt menyebut bahwa pemain PSM Makassar dengan banderol tertinggi adalah Wiljan Pluim. Pemain yang absen pada ajang Piala Menpora tersebut disebut memiliki banderol sebesar 350 ribu Euro.

12 dari 20 halaman

Arema FC

Peringkat ke-12 dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt ditempati Arema FC. Klub berlogo singa mengepal ini disebut memiliki banderol sebesar 2,38 juta Euro.

Banderol ini merupakan akumulasi dari nilai 25 pemain mereka. Rata-rata, seorang penggawa Arema FC disebut memiliki banderol sebesar 95 ribu Euro.

Pemain termahal Arema FC, menurut laman Transfermarkt, adalah Dedik Setiawan. Local hero Arema ini disebut memiliki banderol sebesar 250 ribu Euro.

13 dari 20 halaman

Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya menempati posisi 13 dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt. bajul ijo disebut memiliki banderol sebesar 2,20 juta Euro.

Banderol ini merupakan akumulasi dari banderol 25 penggawa Persebaya. Rata-rata, anak asuh Aji Santoso ini memiliki banderol sebesar 88 ribu Euro.

Pemain termahal Persebaya, menurut catatan Transfermarkt, adalah Arif Satria. Bek 25 tahun ini disebut memiliki banderol sebesar 225 ribu Euro

14 dari 20 halaman

Barito Putera

Peringkat ke-14 dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt ditempati oleh Barito Putera. Laskar Antasari disebut memiliki skuad dengan banderol 2,1 juta Euro.

Nilai ini merupakan akumulasi dari banderol 24 pemain Barito Putera. Rata-rata, banderol anak asuh Djadjang Nurdjaman ini memiliki banderol sebesar 88 ribu Euro.

Laman Transfermarkt mencatat pemain termahal Barito Putera adalah Rizky Pora. Winger sekaligus kapten dan ikon Barito ini disebut memiliki banderol sebesar 300 ribu Euro.

15 dari 20 halaman

Persela Lamongan

Persela Lamongan menempati posisi 15 dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt. Laskar Joko Tingkir disebut memiliki banderol sebesar 2,03 juta Euro.

Nilai ini merupakan akumulasi dari 25 orang penggawa Persela Lamongan. Rata-rata, skuad Persela Lamongan memiliki banderol sebesar 81 ribu Euro.

Laman Transfermarkt mencatat bahwa pemain paling mahal Persela Lamongan adalah gelandang mereka, Brian Ferreira. Pemain asal Argentina ini disebut memiliki banderol sebesar 325 ribu Euro.

16 dari 20 halaman

Persita Tangerang

Peringkat ke-16 dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt ditempati Persita Tangerang. Pendekar Cisadane disebut memiliki skuad dengan banderol sebesar 1,58 juta Euro.

Nilai 1,58 juta Euro ini merupakan akumulasi dari banderol 28 orang penggawa mereka. Rata-rata, anak asuh Widodo C Putro ini memiliki banderol sebesar 56 ribu Euro.

Pemain Persita Tangerang yang disebut memiliki banderol tertinggi adalah Irsyad Maulana. Eks penggawa PSM Makassar dan Semen Padang ini disebut memiliki banderol sebesar 150 ribu Euro.

17 dari 20 halaman

Persik Kediri

Persik Kediri menempati posisi ke-17 dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt. Macan Putih disebut memiliki skuad dengan banderol sebesar 1,43 juta Euro.

Banderol ini merupakan akumulasi dari nilai 23 penggawa Persik Kediri. Rata-rata, para penggawa tim besutan Joko Susilo ini memiliki banderol sebesar 62 ribu Euro.

Laman Transfermarkt mencatat, penggawa Persik Kediri dengan banderol tertinggi adalah Dany Saputra. Bek kiri berusia 30 tahun tersebut ditaksir memiliki banderol sebesar 150 ribu Euro.

18 dari 20 halaman

Persiraja Banda Aceh

Peringkat ke-18 dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt ditempati oleh Persiraja Banda Aceh. Laskar Rencong disebut memiliki banderol sebesar 1,25 juta Euro.

Banderol ini merupakan akumulasi dari nilai 20 orang penggawa Persiraja saat ini. Skuad besutan Hendri Susilo ini disebut memiliki rata-rata banderol sebesar 63 ribu Euro.

Laman Transfermarkt menyebut bahwa pemain termahal Persiraja adalah Gabriel do Carmo, yang ditaksir memiliki banderol sebesar 250 ribu Euro. Namun, kabar terakhir mengatakan bahwa eks penggawa Persela Lamongan ini sudah dilepas oleh klub tersebut.

19 dari 20 halaman

Disalip Klub Liga 2

Ada yang menarik dalam daftar ini, banderol dua tim terbawah dalam daftar klub Liga 1 dengan skuad termahal versi Transfermarkt ini, Persik Kediri dan Persiraja Banda Aceh, ternyata kalah dari sejumlah tim Liga 2.

Persik Kediri kalah dari Muba Babel United yang memiliki banderol sebesar 1,50 juta Euro. Sementara, Persiraja kalah dari Semen Padang dan PSMS Medan, yang masing-masing memiliki banderol sebesar 1,28 juta Euro.

20 dari 20 halaman

Terlalu Tinggi tapi Jadi Acuan

Sementara itu, salah seorang petinggi klub Liga 1 menilai bahwa data Transfermarkt ini tak begitu tepat. Pasalnya, di sepak bola Indonesia, banderol pemain tergolong hal tabu untuk dijadikan konsumsi publik.

"Jadi yang keluar kan hanya perkiraan saja. Namanya perkiraan, ada yang benar dan ada yang salah. Salah satunya, nilai pemain ini terlalu besar. Angka riilnya jauh lebih kecil dari itu," kata sumber yang tak mau disebut identitasnya ini.

"Angka riilnya ya mungkin hanya sepersepuluh atau paling banyak seperlima dari angka yang ada ini," sambungnya.

Namun, menurut petinggi klub di Jawa Timur tersebut, data ini bukan sama sekali tak berguna. Daftar ini secara garis besar mampu menggambarkan kondisi skuad klub peserta Liga 1 2021.

"Namun ya angkanya nggak sebesar tadi. Kalau susunannya, kurang lebih memang seperti ini," tandasnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR