Diikuti Tim asal Spanyol, Asiana Cup 2022 Resmi Digelar

Serafin Unus Pasi | 24 November 2022, 21:19
Suasana pembukaan Asiana Cup 2022 (c) Dok. Asiana Cup 2022
Suasana pembukaan Asiana Cup 2022 (c) Dok. Asiana Cup 2022

Bola.net - Turnamen usia dini bertajuk Asiana Cup 2022 resmi digelar. Kejuaraan yang mempertandingkan U-11 dan U-12 ini berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada 24-27 November 2022.

Tak hanya diramaikan tim lokal, Asiana Cup 2022 juga diikuti klub luar negeri, seperti Arsede Espanyol (Spanyol), Victoria Melbourne (Australia), TFA Academy (Thailand), Makati (Filipina), Lion City Academy (Singapura), dan Kontingen Korea Selatan.

Sementara tim-tim lokal yang ambil bagian di Asiana Cup 2022 yaitu Farmel FC, Persib Junior, Bina Taruna, Serpong City, dan tim dari Medan.

"Asiana Cup sudah mulai digelar sejak 2016 dengan mempertandingkan tim-tim asal Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Asiana Cup berani mengundang tim-tim dari luar negeri," ujar Presiden Direktur Asiana Soccer School, Galih Dimuntur Kartasasmita, Kamis (24/11).

"Sejak pindah dari turnamen lokal ke internasional, tugas Asiana Cup ini simpel yakni memperkenalkan Indonesia ke luar negeri dan mendatangkan klub luar negeri ke Indonesia."

"Biasanya kami yang selalu ikut turnamen di luar negeri. Saya capek dan saya ingin adanya turnamen internasional usia dini di Indonesia, itulah Asiana Cup," tambah Galih.

1 dari 1 halaman

Pertama Kali Undang Tim Eropa

Lebih lanjut, Galih mengatakan tidak mudah buat pihaknya mengundang klub-klub luar negeri ke Asiana Cup 2022. Sebab, turnamen ini digelar bukan dalam waktu libur sekolah dan masih ada ancaman COVID-19.

"Ini untuk pertama kalinya kami mengundang tim Eropa dan mereka datang. Tahun lalu kami hanya mengundang tim Asia Tenggara dan Australia saja, lalu kami buka ke Korea Selatan dan Eropa, terbukti mereka mau," imbuh Galih.

Adapun untuk Asiana Cup 2022 U-11, diikuti sembilan tim dengan format pertandingan 7 Vs 7. Sementara untuk U-12 diramaikan delapan tim dengan sistem laga 11 Vs 11.

(Bola.net/Fitri Apriani)

TAG TERKAIT

BERITA TERKAIT

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR