BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Di Balik Keputusan RANS Cilegon FC Rekrut Cristian Gonzales dan Syamsir Alam

08-04-2021 15:11 | Asad Arifin

Cristian Gonzales, PSIM Yogyakarta (c) Bola.com/Vincentius Atmaja
Cristian Gonzales, PSIM Yogyakarta (c) Bola.com/Vincentius Atmaja

Bola.net - RANS Cilegon FC membuat kejutan dalam proses rekrutmen pemain untuk Liga 2 musim 2021. Sebab, mereka mengontrak dua nama top yakni Cristian Gonzales dan Syamsir Alam.

Namun, masalahnya, Gonzales kini tidak lagi muda. Pada musim 2020 lalu, pemain 44 tahun tidak tergabung dengan klub mana pun. Klub terakhir yang dibela El Loco adalah PSIM Jogjakarta pada 2019 lalu.

Syamsir Alam bahkan lebih parah. Mantan wonderkid Timnas Indonesia kelompok usia ini bukan lagi pesepak bola profesional sejak 2016. Lelaki berusia 28 tahun itu banting setir menjadi artis.

1 dari 2 halaman

Bukan Sekadar Bermain

Pelatih RANS Cilegon FC, Bambang Nurdiansyah memastikan Gonzales dan Syamsir Alam akan merapat timnya, namun dengan peran yang berbeda daripada pemain biasanya.

"Kalau untuk kedua pemain ini, di samping kami perlu mereka sebagai motivator untuk pemain muda, namun jangan lupa Raffi Ahmad sebagai pemilik RANS Cilegon FC juga punya jiwa entertainment juga," kata Bambang ketika dihubungi Bola.com.

"Jadi, belum tentu keduanya akan menjadi starter di RANS Cilegon FC. Seperti Gonzales, dia kan juga sudah sadar. Namun, keberadaan dia bisa menjadi motivator untuk pemain-pemain muda di tim ini," jelas arsitek yang karib dipanggil Banur itu.

2 dari 2 halaman

Nama Besar Bukan Jaminan

Banur masih akan melihat-lihat bagaimana kemampuan Gonzales dan Syamsir Alam dalam latihan RANS Cilegon FC. Jika masih layak, bukan tidak mungkin keduanya bisa dimainkan di Liga 2 nanti.

"Begitu juga dengan Syamsir Alam. Belum tentu saya memainkan dia sebagai starter. Harus sesuai performa. Kalau dia mau bermain, dia harus menunjukkan performanya," imbuh Banur.

Persiba Balikpapan menjadi klub terakhir Syamsir Alam pada 2016 sebelum berpindah haluan ke dunia hiburan. Kariernya hancur lebur setelah tidak kuat memikul ekspektasi publik sebagai pemain masa depan Timnas Indonesia.

"Sama seperti Gonzales, tidak ada jaminan untuk dia bermain. Tergantung dari dia. Namun, kalau dia fit, kenapa tidak dia saya mainkan," terang mantan pelatih Persija Jakarta itu.

Gonzales belum menemukan klub baru setelah kiprahnya di PSIM Yogyakarta tamat pada 2019. Dua tahun menganggur di dunia sepak bola, mantan striker Arema FC itu masih menolak pensiun.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Muhammad Adiyaksa/Editor: Hendry Wibowo, 8 April 2020)

KOMENTAR