BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Demi SEA Games 2019, PSSI Berharap Program Timnas Indonesia U-22 Rampung pada Januari

21-12-2018 15:35 | Asad Arifin

Indra Sjafri (c) Mustopa El Abdy
Indra Sjafri (c) Mustopa El Abdy

Bola.net - Indra Sjafri kini punya tugas baru. Pada Kamis (22/12/2018), PSSI telah menunjuk mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 itu sebagai juru racik Timnas Indonesia U-22.

Adapun, durasi kontrak Indra bersama Timnas Indonesia U-22 tidak panjang. Arsitek berusia 55 tahun itu hanya diikat selama setahun hingga SEA Games 2019 rampung.

Usai penunjukan, Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono mengatakan, PSSI dan Indra akan membuat program khusus untuk Timnas Indonesia U-22. Paling lambat, pekan depan program tersebut sudah dibahas.

"PSSI minggu depan akan berkoordinasi intensif dengan coach Indra Sjafri sebelum masuk masalah program. Itu menyangkut masalah coaching staf, sistem administrasi, dan seterusnya, diharapkan akhir tahun ini sudah mendapatkan program. Tapi PSSI punya rancangan program bahwa Januari 2019, program sudah keluar," ujar Joko.

Silakan klik halaman selanjutnya untuk berita selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Alasan Penyebutan Timnas Indonesia U-22

Joko lalu menyibak alasan penyebutan Timnas Indonesia U-22, bukan U-23. Lantaran pada dua tahun mendatang, akan diselenggarakan Olimpiade 2020 di Tokyo dengan sistem tim nasional di bawah usia 23 tahun.

"Kami ingin ada kesinambungan dengan program tahun depan yang akan tampil di SEA Games 2019, bahwa pada 2019, AFF sebagai partner penyelenggaraan bersama-sama dengan AFC, menyetujui kelompok, karena Januari 2020 akan ada kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo yang usianya U-23. Sehingga di Asia Tenggara bersepakat persiapan dengan Olimpiade Tokyo," katanya.

Pria yang akrab disapa Jokdri ini juga menyebut pemain-pemain Timnas Indonesia U-19 adalah yang paling cocok mengisi skuat Timnas Indonesia U-22 nanti. Oleh sebab itu, ditunjuklah Indra sebagai pelatih.

"Selain itu, jika menilai dengan kelompok umur tadi, maka U-19 kemarin memiliki potensi mengisi skuat tersebut," imbuhnya.

Selain menunjuk Indra sebagai pelatih Timnas Indonesia U-22, PSSI juga telah menunjuk Simon McMenemy dan Bima Sakti Tukiman. Simon akan menukangi Timnas Senior, sementara Bima Timnas Indonesia U-16.

KOMENTAR