Daftar Top Skor dan Top Assist di BRI Liga 1 2021/2022: Pemain Lokal Mulai Bertaring!

Gia Yuda Pradana | 21 September 2021, 08:32
PSIS Semarang kalahkan Persela di pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
PSIS Semarang kalahkan Persela di pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Kemampuan pemain lokal pada awal musim BRI Liga 1 2021/2022 berhasil mencuri perhatian. Fakta itu bisa dilihat dalam daftar lima besar top goals dan top assists hingga pekan ketiga yang berakhir Minggu (19/9).


Hal ini memperlihatkan jika pemain lokal mulai bertaring. Mereka mampu bersaing untuk mendapatkan perhatian dari penonton dan pemilik klub.

Apa yang diperlihatkan pemain lokal ini juga bukti jika kualitasnya tidak kalah dengan legiun asing. Terutama dalam urusan mencetak gol dan membuat assists.

Sebab biasanya, klub lebih percaya dengan legiun asing untuk posisi striker sebagai pendulang gol dan gelandang serang buat menghasilkan assists. Dengan adanya fakta ini, peran pemain lokal tak bisa lagi dipinggirkan.

Lantas, siapa saja pemain lokal yang saat ini mampu menembus persaingan lima besar top goals dan top assists di BRI Liga 1 2021/2022 yang disiarkan Indosiar? Berikut ulasannya seperti diolah Bola.net dari website ligaindonesiabaru.com.

1 dari 5 halaman

Hari Nur Yulianto

Penyerang PSIS Semarang, Hari Nur Yulianto (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Penyerang PSIS Semarang, Hari Nur Yulianto (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Bomber PSIS Semarang ini mampu bersaing dalam daftar papan atas top skor BRI Liga 1 2021/2022 yang disiarkan Indosiar. Hingga pekan ketiga, ia sudah membukukan tiga gol.

Jumlah itu bersaing dengan pemain asing yang menguasai daftar top skor yaitu Paulo Henrique dan Ezechiel Ndouassel. Dua tenaga asing itu sudah mencetak empat gol.

Adapun, dua dari tiga gol Hari Nur Yulianto diciptakan ke gawang Persiraja Banda Aceh pada pekan ketiga saat PSIS menang 3-1. Sementara satu gol lagi ketika Laskar Mahesa Jenar bermain imbang 1-1 dengan Persija Jakarta di matchday kedua.

2 dari 5 halaman

Irsyad Maulana

Irsyad Maulana merayakan golnya ke gawang Persipura pada laga pekan ke-1 BRI Liga 2 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Irsyad Maulana merayakan golnya ke gawang Persipura pada laga pekan ke-1 BRI Liga 2 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Pesepakbola yang bermain di posisi gelandang ini sudah mencetak dua gol. Jumlah yang patut diapresiasi karena sebetulnya tugas utama gelandang adalah mengkreasikan permainan dan memberi umpan matang.

Namun, Irsyad Maulana berhasil masuk di antara jajaran pencetak gol terbanyak. Ia bersaing ketat dengan Paulo Henrique (4 gol), Ezechiel Ndouassel (4 gol), dan Hari Nur Yulianto (3 gol)

Gol perdana Irsyad Maulana di BRI Liga 1 2021/2022 tercipta ke gawang Persipura Jayapura pada matchday pertama saat Persita menang 2-1. Sementara satu gol lagi ketika Pendekar Cisadane kalah 1-2 dari Persib Bandung pada pekan kedua.

3 dari 5 halaman

Samsul Arif

Penyerang Persebaya, Samsul Arif (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Penyerang Persebaya, Samsul Arif (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Penyerang Persebaya Surabaya, Samsul Arif masuk dalam lima besar top assists hingga pekan ketiga. Ia membukukan dua assists.

Tugas Samsul Arif sebagai penyerang sebetulnya mencetak gol. Namun, tipe permainannya yang lebih gemar menjadi pengumpan membuatnya lebih sering mencatat assists.

Pada pertandingan awal BRI Liga 1 2021/2022, Samsul Arif sudah bermain sebanyak 145 menit. Jumlah itu didapat dari tiga laga kontra Borneo FC, Persikabo 1973, dan PSM Makassar.

4 dari 5 halaman

Wahyu Subo Seto

Bhayangkara FC di BRI Liga 1 (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Bhayangkara FC di BRI Liga 1 (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Gelandang serang Bhayangkara FC ini masuk dalam jajaran top assists. Ia telah mengoleksi dua assists hingga pekan ketiga.

Dalam tiga pertandingan awal BRI Liga 1 2021/2022, Wahyu Subo Seto telah bermain selama 184 menit. Hasilnya terbilang lumayan karena berhasil mencatatkan dua assists.

Padahal, skuad Bhayangkara FC kita tahu penuh dengan pemain bintang sehingga persaingan untuk mendapatkan posisi utama relatif ketat. Namun, Wahyu Subo Seto bisa membuktikan layak diberi kepercayaan.

5 dari 5 halaman

Mohammad Rifaldi

Persiraja Banda Aceh, salah satu tim peserta BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.com/Gatot Susetyo

Persiraja Banda Aceh, salah satu tim peserta BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.com/Gatot Susetyo

Pemain Persiraja Banda Aceh ini menempati posisi gelandang. Perannya dalam skuad tim promosi ini terbilang krusial, terlihat dari pengaruhnya di lini tengah.

Perannya sebagai pemain lokal tak kalah dengan legiun asing yang dikontrak Persiraja yaitu Leo Lelis (Brasil), Paulo Henrique (Brasil), Shori Murata (Jepang), dan Vanja Markovic (Serbia). Dua assist sudah dicatat Mohammad Rifaldi dan jumlah itu bersaing di lima besar top assists.

Pada awal musim ini, Mohammad Rifaldi sudah bermain tiga kali. Itu artinya, ia selalu turun dalam pertandingan Persiraja dan mampu menjawab kepercayaan dari pelatih Hendri Susilo dengan statistik yang bagus.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR