BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Cocoklogi: Ketika Pep Guardiman dan Pep Guardiola Sama-Sama Raih Gelar Juara

26-04-2021 11:10 | Asad Arifin

Sudirman membawa Persija Jakarta jadi juara Piala Menpora 2021 (c) Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan
Sudirman membawa Persija Jakarta jadi juara Piala Menpora 2021 (c) Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan

Bola.net - Ada momen unik yang terjadi akhir pekan lalu. Pep Guardiola sukses meraih gelar juara bersama Manchester City. Di tempat lain, ada Pep Guardiman yang juga mampu meraih gelar bersama Persija Jakarta.

Pep Guardiman mengacu pada sosok pelatih Persija, Sudirman. Belakangan, mantan pilar timnas Indonesia era 1990-an itu memang mendapat julukan Pep Guardiman.

Mereka sama-sama mengantarkan tim besutannya berpesta juara di tengah pandemi COVID-19. Manchester City menjuarai Carabao Cup setelah mengalahkan Tottenham Hotspur di Stadion Wembley, London, Senin (26/4/2021) dini hari kira-kira pukul 01.00 WIB.

Sementara Persija, tim Macan Kemayoran menjuarai turnamen pramusim Piala Menpora 2021 setelah menumbangkan Persib Bandung 2-1 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021).

1 dari 2 halaman

Pep Guardiola dan Pep Guardiman

Bukan bermaksud membandingkan, tapi memang ada suatu kebetulan, karena Sudirman, baru-baru ini mendapat julukan Pep Guardiman.

Suporter Persija menyematkan julukan itu setelah Persija menghabisi Persib Bandung di leg pertama final Piala Menpora. Satu kesamaan yang mencolok antara dua pelatih ini ialah sama-sama botak.

Sudirman pun tersipu malu pada konferensi pers setelah pertandingan Persija melawan Persib , Kamis (22/4/2021) malam WIB, ketika mengetahui ada julukan baru itu.

Padahal, mantan pemain Timnas Indonesia itu sudah punya sapaan khas sebelumnya, yakni Jenderal. Namun, ia melempar senyuman tipis saat ditanyakan pendapatnya tentang julukan Pep Guardiman.

"Bagaimana ya, memang selama ini, Persija Jakarta adalah tim senior pertama yang saya pegang, terutama di Liga 1," kata Sudirman membuka tanggapan terkait panggilan Pep Guardiman.

2 dari 2 halaman

Pep yang Asli Bidik Liga Champions

Manajer Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo
Manajer Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo

Pep yang asli, untuk pertama kalinya pada musim ini mengangkat trofi. Ini merupakan trofi Carabao Cup/EFL atau Piala Liga Inggris keempatnya bersama Manchester City.

Tak lama lagi, Manchester City juga bakal mengangkat trofi Liga Inggris 2020/2021. Manchester City sudah mengemas 77 poin atau berjarak 10 angka dari Manchester United yang berada di posisi kedua. Dengan lima pertandingan tersisa, Manchester United sangat sulit untuk mengejar.

Manchester City juga masih punya peluang untuk meraih gelar Liga Champions. Manchester City akan berlaga di semifinal melawan PSG dan trofi Liga Champions ibarat misteri buat mantan pelatih Barcelona itu.

Sejak melatih Manchester City pada 2016, Guardiola belum mempersembahkan trofi Liga Champions, padahal ia mendapat dukungan finansial yang sangat besar.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Wiwig Prayugi, 26 April 2021)

KOMENTAR