BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Carlos Oliveira Akui Tak Kesulitan Berkomunikasi di Arema FC

23-09-2020 08:32 | Gia Yuda Pradana

Carlos Oliveira saat diperkenalkan sebagai pelatih Arema FC (c) Media Officer Arema FC Carlos Oliveira saat diperkenalkan sebagai pelatih Arema FC (c) Media Officer Arema FC

Bola.net - Carlos Oliveira angkat bicara soal proses komunikasinya dengan anak-anak asuhnya. Pelatih Arema FC ini mengaku tak kesulitan untuk berkomunikasi dengan Hendro Siswanto dan kawan-kawan kendati bahasa ibu mereka berbeda.

"Sebagian besar mereka paham bahasa Inggris," ucap Carlos.

"Memang terkadang tak mudah memastikan bahwa mereka mengerti keseluruhan yang saya bicarakan. Namun, saya memiliki staf pelatih yang bisa menerjemahkan maksud saya," sambungnya.

Menurut Carlos, ia berencana untuk belajar bahasa Indonesia agar bisa lebih mudah berkomunikasi dengan anak-anak asuhnya. Ia berharap agar bisa berada di Indonesia untuk waktu yang lama agar bisa mempelajari bahasa Indonesia.

"Saya berharap bisa berada di sini untuk waktu yang lama," tuturnya.

"Saya pasti akan belajar bahasa Indonesia, paling tidak agar bisa lebih mudah berkomunikasi," pelatih berusia 59 tahun ini menambahkan.

Carlos sendiri merupakan pelatih asal Brasil, yang berbahasa ibu Portugis. Namun, Carlos juga fasih dalam berbahasa Inggris karena ia banyak menghabiskan kariernya di Amerika Serikat.

Selama ini, Carlos banyak memberi instruksi dengan bahasa Inggris. Secara umum, instruksinya ini dipahami oleh para pemain. Namun, untuk detailnya, biasanya instruksi ini diterjemahkan oleh asisten pelatih, khususnya Charis Yulianto.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Seorang Poliglot

Carlos Oliveira saat diperkenalkan sebagai pelatih Arema FC (c) Media Officer Arema FC Carlos Oliveira saat diperkenalkan sebagai pelatih Arema FC (c) Media Officer Arema FC

Lebih lanjut, Carlos sendiri mengaku tak hanya fasih berbahasa Portugis dan Inggris. Pelatih yang sempat menangani Becamex Bonh Duong di Vietnam ini mengaku juga fasih berkomunikasi dalam beberapa bahasa lain.

"Paling tidak, saya fasih berkomunikasi dengan empat bahasa. Selain Inggris dan Portugis, saya juga fasih berbahasa Jepang dan Spanyol," ungkapnya.

"Selain itu, saya juga sedikit-sedikit bisa berbahasa Finlandia. Saya pernah melatih di sana dan bisa sedikit bahasa mereka," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR