Buntut Tragedi Kanjuruhan, PT LIB Hentikan Liga 1 2022/23 Selama Sepekan

Serafin Unus Pasi | 2 Oktober 2022, 08:25
Aremania masuk lapangan setelah pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya. (c) Dendy Gandakusumah
Aremania masuk lapangan setelah pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya. (c) Dendy Gandakusumah

Bola.net - PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga 1 2022/2023 resmi memberhentikan kompetisi selama sepekan. Pemberhentian ini merupakan buntut dari tragedi Kanjuruhan yang belum lama ini terjadi.

Pada hari Sabtu (1/10/2022), stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, menggelar sebuah laga sarat gengsi. Tuan rumah Arema FC menjamu rival abadi mereka, Persebaya Surabaya di pekan ke-11 Liga 1 2022/23.

Laga ini berakhir dengan kekalahan tuan rumah dengan skor 2-1. Alhasil setelah pertandingan usai, sejumlah oknum Aremania menerobos masuk ke lapangan dan melakukan pengerusakan sejumlah sarana dan pra sarana.

Protes ini memanas dan menimbulkan kerusuhan di dalam stadion. Sejumlah Aremania harus kehilangan nyawa mereka akibat tragedi memilukan ini.

Simak pernyataan sikap PT LIB di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Hentikan Liga 1 2022/23

Melalui laman resmi mereka, Direktur PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita mengumumkan bahwa Liga 1 2022/23 resmi dihentikan sementara.

Kompetisi ini akan diliburkan selama satu pekan untuk memberikan penghormatan bagi insiden tersebut dan juga untuk melakukan investigasi atas kejadian tersebut.

"Keputusan tersebut [menghentikan Liga 1 selama sepekan] kami umumkan setelah kami mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI. Ini kami lakukan untuk menghormati semuanya dan sambil menunggu proses investigasi dari PSSI," ungkap Akhmad Hadian Lukita, Minggu (2/10/2022) dini hari.

2 dari 2 halaman

Semoga Jadi Pelajaran

Lebih lanjut, Lukita juga mengungkapkan belasungkawanya atas terjadinya insiden tersebut. Ia menyesalkan insiden yang merenggut nyawa banyak orang itu terjadi.

Ia juga berharap tragedi ini bisa menjadi pelajaran bagi seluruh stakeholder sepakbola Indonesia.

"Kami prihatin dan sangat menyesalkan peristiwa tersebut. Kami ikut berdukacita dan semoga ini menjadi pelajaran berharga bagi kami semua," imbuhnya.

(Liga Indonesia Baru)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR