BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

BRI Liga 1: Tanggapan Pelatih Persebaya Ihwal Kartu Merah Ricky Kambuaya

19-01-2022 11:28 | Gia Yuda Pradana

BRI Liga 1: Pemain Persebaya Surabaya, Ricky Kambuaya (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
BRI Liga 1: Pemain Persebaya Surabaya, Ricky Kambuaya (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Persebaya Surabaya tidak hanya menelan kekalahan dari Bhayangkara FC pada pekan ke-20 BRI Liga 1 2021/2022, Selasa (18/01/2021) malam. Tim Kota Pahlawan juga harus kehilangan salah satu pemain kunci di lini tengah.

Pemain yang dimaksud adalah Ricky Kambuaya. Gelandang asal Sorong tersebut harus mandi lebih cepat setelah mendapat kartu merah pada menit 90+3’.

Wasit mengeluarkan kartu kuning kedua untuk Ricky karena dianggap melakukan pelanggaran terhadap Awan Setho Raharjo saat mencoba merebut bola. Kakinya mengenai perut kiper Bhayangkara FC tersebut.

Kartu merah tersebut cukup disesalkan oleh pelatih Persebaya, Aji Santoso. Tapi, dia menilai tidak ada unsur kesengajaan dari pelanggaran yang dilakukan Ricky Kambuaya.

”Memang cukup disayangkan ya si Kambuaya mendapatkan kartu merah, yang pertama dia mendapatkan kartu kuning, seharusnya lebih hati-hati,” kata Aji Santoso dalam sesi jumpa pers.

”Tapi mungkin memang dalam kondisi dia lari kencang, jadi susah untuk mengeremnya,” Aji menambahkan.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Jadi Pelajaran

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Atas kartu merah tersebut, Persebaya juga harus kehilangan Ricky Kambuaya pada laga berikutnya. Sesuai regulasi, pemain dilarang tampil dalam satu pertandingan.

”Tentunya ini menjadi pelajaran,” juru taktik asal Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut.

Ricky Kambuaya sebelumnya juga pernah absen karena akumulasi kartu kuning. Yakni pada pekan ke-9 BRI Liga 1 2021/2022 melawan Persija Jakarta.

2 dari 3 halaman

Kontribusi Ricky Kambuaya

Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Ricky Kambuaya sendiri baru dua kali tampil bersama Persebaya setelah kembali dari Timnas Indonesia. Dia mulai bermain untuk tim Kota Pahlawan pada laga kontra PSM Makassar.

Sebelum dipanggil Timnas Indonesia untuk tampil di Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya menjadi andalan Persebaya. Dia menyumbang 4 gol dan 1 assist untuk tim Kota Pahlawan.

Empat golnya dicetak ke gawang Borneo FC, Persikabo 1973, PSS Sleman dan Persela Lamongan. Sementara satu assistnya dibukukan pada laga melawan Persiraja Banda Aceh.

3 dari 3 halaman

Klasemen BRI Liga 1

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR