BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

BRI Liga 1: Sebanyak 12 Klub Sudah Ganti Pelatih Musim Ini, Apa Kata Pelatih Persib?

24-01-2022 15:48 | Gia Yuda Pradana

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts (c) Bola.com/Erwin Snaz
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts (c) Bola.com/Erwin Snaz

Bola.net - BRI Liga 1 2021/2022 menjadi kompetisi yang sudah memakan banyak korban pelatih. Sejauh ini, 12 dari 18 klub peserta tercatat telah mengganti pelatih mereka.

Dari 12 klub tersebut, bahkan ada klub yang belum rampung mengarungi putaran pertama dan sudah mengganti pelatihnya. Pergantian pelatih semakin menjadi-jadi pada bursa jelang putaran kedua.

Ada enam klub yang masih mempertahankan pelatihnya, salah satunya adalah Persib Bandung yang ditangani pelatih asal Belanda, Robert Rene Alberts. Pelatih berusia 67 tahun itu memang langsung mendapat kontrak panjang dari manajemen Persib, yakni hingga akhir tahun 2023.

Menanggapi banyaknya klub Liga 1 yang mendepak pelatihnya, Robert Alberts mengaku bahwa ini menjadi rekor dunia di sebuah kompetisi dalam memecat atau memberhentikan pelatih di tengah kompetisi.

"Selain Persib, hanya ada lima yang belum diganti pelatihnya, Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya, Arema FC, Bali United, dan Persita Tangerang," kata Robert Alberts, Minggu (23/01/2022) di Bali.

"Jadi jika melihat total ada 18 klub dikurangi enam maka ada 12 tim yang mengganti pelatih dan beberapa ada yang dua kali. Mungkin ini rekor di dunia," cetus Robert Alberts.

1 dari 2 halaman

Tidak Realistis

Tim-tim peserta BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.com/Adreanus Titus
Tim-tim peserta BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.com/Adreanus Titus

Diakui Robert, jika dibandingkan dengan kompetisi negara lain, BRI Liga 1 termasuk sangat gampang memecat pelatih. Ini menandakan tim-tim di Indonesia mayoritas mementingkan hasil bukan proses.

"Ini seperti rekor dunia, karena sangat banyak melakukan pergantian pelatih. Jika tiga sampai lima pelatih, atau mengacu pada Liga Inggris sebagai contoh, tidak banyak pelatih diganti," tutur Robert.

"Padahal itu liga terbaik di dunia dan punya ekspektasi tertinggi, tapi mereka juga realistis," seloroh pelatih Persib Bandung berusia 67 tahun ini mengakhiri.

Persib sendiri saat ini menempati posisi tiga klasemen sementara BRI Liga 1 musim ini. Mereka tertinggal tiga poin dari sang pemimpin klasemen Bhayangkara FC.

2 dari 2 halaman

Klasemen BRI Liga 1

Disadur dari: Bola.com/Erwin Snaz/Hendry Wibowo

Published: 24 Januari 2022

KOMENTAR