BRI Liga 1: Persipura vs Persela, Tugas Berat Pelatih Anyar

Gia Yuda Pradana | 6 Januari 2022, 10:44
BRI Liga 1: Persipura vs Persela, Alfredo Vera vs Jafri Sastra (c) Bola.com/Adreanus Titus
BRI Liga 1: Persipura vs Persela, Alfredo Vera vs Jafri Sastra (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Persipura Jayapura dan Persela Lamongan akan saling berhadapan pada pekan ke-18 BRI Liga 1 2021/2022, Kamis 6 Januari 2022. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.


Persipura yang tak kunjung membaik dengan Jacksen F. Tiago akhirnya berpisah pada awal seri ketiga. Alfredo Vera ditunjuk sebagai pengganti, dan telah memimpin dalam lima pertandingan sejauh ini dengan rekor dua kemenangan, dua hasil imbang, serta sekali kalah.

Sementara itu, di kubu Persela, Jafri Sastra baru saja ditunjuk menjadi suksesor Iwan Setiawan pada jeda putaran pertama. Sebelumnya, pelatih asal Padang tersebut menjabat sebagai pelatih klub Liga 2, PSPS Riau.

Kedua tim sama-sama terpuruk di zona merah. Persipura berada di peringkat 17 dengan raihan 13 poin, sedangkan Persela berada satu tingkat di atas mereka dengan keunggulan satu angka.

1 dari 3 halaman

Persipura Adem Ayem

Persipura Jayapura di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Persipura sebenarnya telah mendapatkan tanda tangan penyerang naturalisasi, Mamadou Barry. Namun, pemain yang bersangkutan dicekal oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) karena telah bermain di dua tim berbeda untuk kompetisi 2021/22.

Dalam regulasi yang ada, setiap pemain hanya boleh memperkuat dua tim dalam satu musim kompetisi. Pemain asal Guinea itu sempat bermain untuk PSMS Medan sebelum gacor bersama Persewar Waropen di putaran kedua Liga 2 2021.

Dengan situasi tersebut, Alfredo Vera mau tidak mau harus memaksimalkan pemain-pemain yang ada saat ini. Tetapi sayangnya, tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut belum akan diperkuat Ramai Rumakiek yang masih menjalani karantina setelah memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

2 dari 3 halaman

Persela Berbenah

Persela Lamongan di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Hadirnya Jafri Sastra di Lamongan ternyata ikut mengubah barisan skuad Persela di putaran kedua ini. Klub berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut sadar betul perubahan harus dilakukan untuk lepas dari bayangan degradasi.

Lima pemain termasuk Ahmad Bustomi dilepas untuk memberikan tempat kepada empat pemain baru yakni: Ricky Akbar Ohorella (Semen Padang), Nerius Alom (PSS Sleman), Kahar (PSCS Cilacap) dan Jose Wilkson (Persebaya Surabaya).

Kehadiran Wilkson menjadi tanda tanya sebab mereka belum 'menyingkirkan' salah satu pemain asingnya. Persela kini memiliki lima pemain asing sekaligus dan hal tersebut jelas menyalahi aturan yang ada.

Walau begitu, kehadirannya diharapkan bisa menjadi pembeda di lini depan yang terbilang tumpul. Dalam 17 laga perdana, mereka hanya sanggup mengoleksi 14 gol.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR