BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

BRI Liga 1: Lima Tim Teratas, Semuanya Dipegang Pelatih Asing

09-11-2021 16:00 | Gia Yuda Pradana

Bhayangkara FC di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Bhayangkara FC di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Masing-masing tim BRI Liga 1 2021/2022 telah memainkan enam pertandingan seri pertama dan lima laga seri kedua. Tim-tim yang berada di papan atas klasemen sementara semuanya dipegang oleh pelatih asing.

Tim-tim besutan mereka saat ini menempati lima besar. Tim-tim itu adalah Bhayangkara FC, Persib Bandung, Arema FC, PSIS Semarang, dan Bali United.

Kualitas dan pengalaman pelatih asing memang bisa diandalkan. Ini adalah salah satu buktinya.

Lalu, siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

Paul Munster

BRI Liga 1: Pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster (c) Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan
BRI Liga 1: Pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster (c) Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan

Pelatih asal Irlandia Utara yang semakin matang bersama The Guardian Bhayangkara FC. Posisi pertama di papan klasemen menjadi bukti pengaruh taktik brilian Paul Munster ditambah skuad mentereng di timnya.

Paul Munster sejauh ini sudah memimpin Bhayangkara FC dalam 32 pertandingan. Catatan kariernya cukup mengilap yakni mempersembahkan 20 kemenangan, 10 hasil imbang, dan hanya kalah empat kali.

Bhayangkara FC saat ini juga menjadi pemuncak klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022. Ezechiel N'Douassel dkk. berada di puncak dengan raihan 22 poin dari sembilan laga yang sudah dimainkan.

Bhayangkara FC asuhan Paul Munster menjadi kandidat kuat favorit juara BRI Liga 1 2021/2022. Meskipun perjalanan musim ini masih cukup Panjang, ia diyakini membawa kesuksesan untuk Evan Dimas dkk.

2 dari 6 halaman

Robert Rene Alberts

BRI Liga 1: Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts (c) Bola.com/Erwin Snaz
BRI Liga 1: Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts (c) Bola.com/Erwin Snaz

Seorang pelatih asing senior dengan pengalaman segudang. Robert Alberts sudah teruji ketika membesut Arema dan PSM Makassar.

Kali ini bersama Persib ia tularkan pengaruh positif dalam menyusun strategi maupun komposisi tim terbaiknya. Persib dibawanya membuntuti Bhayangkara FC dengan nilai 25, bahkan belum menelan kekalahan.

Persib Bandung memperlihatkan tren positif dalam mengarungi BRI Liga 1 2021/2022. Sempat mendapat goncangan dari bobotoh setelah empat kali bermain imbang secara beruntun, Maung Bandung mampu menjawab keraguan dari bobotoh pada seri kedua BRI Liga 1.

Dalam lima laga yang berlangsung di seri kedua BRI Liga 1, Persib Bandung mampu menyapu bersih semua dengan kemenangan. Total dari 11 pertandingan sementara BRI Liga 1, Persib sudah 7 kali menang dan 4 kali bermain imbang, serta menduduki posisi kedua dalam klasemen sementara BRI Liga 1 dengan raihan 25 poin.

3 dari 6 halaman

Eduardo Almeida

Pelatih Arema FC, Eduardo Almeida (c) Bola.com/ M Iqbal Ichsan
Pelatih Arema FC, Eduardo Almeida (c) Bola.com/ M Iqbal Ichsan

Pelatih asal Portugal itu kali pertama datang ke Indonesia pada musim Liga 1 2019 dengan menangani Semen Padang. Dia direkrut di pertengahan musim karena Kabau Sirah terjebak di zona degradasi, tepatnya dasar klasemen, pada pekan ke-17.

Sayangnya, Eduardo Almeida tidak bisa berbuat banyak dalam musim perdananya di Indonesia itu. Semen Padang naik satu peringkat, tapi tetap terdegradasi ke Liga 2. Sebab, mereka menduduki peringkat ke-17 dari 18 tim Liga 1 2019 di klasemen akhir.

Secara mengejutkan, musim ini Arema FC merekrut pelatih dengan reputasi kurang apik dalam musim pertamanya berkiprah di Liga 1 itu. Sempat muncul pertanyaan apakah dia bisa membawa tim sebesar Arema bangkit.

Eduardo Almeida sempat menemani Arema yang terseok-seok karena gagal menang di empat laga awal BRI Liga 1. Tapi, mereka kemudian bangkit di pekan kelima, bahkan kemudian membukukan empat kemenangan beruntun.

Kini, Arema sendiri sedang di atas angin karena saat ini menduduki peringkat ketiga klasemen sementara dengan 20 angka. Tim Singo Edan telah melewati delapan laga terakhir tak terkalahkan, bahkan lima di antaranya berakhir kemenangan.

4 dari 6 halaman

Ian Gillan

Ian Gillan saat dikenalkan sebagai pelatih baru PSIS Semarang untuk BRI Liga 1 2021/2022 (c) Dok. PSIS Semarang
Ian Gillan saat dikenalkan sebagai pelatih baru PSIS Semarang untuk BRI Liga 1 2021/2022 (c) Dok. PSIS Semarang

Pelatih berkebangsaan Skotlandia yang didatangkan PSIS Semarang pada seri kedua BRI Liga 1. Secara resmi Ian Gillan menggantikan posisi Draan Djukanovic yang mengundurkan diri sebelum kompetisi dimulai.

Lantas PSIS untuk sementara diampu oleh Imran Nahumarury sebagai caretaker. Tim Mahesa Jenar justru bermain impresif bahkan sempat memuncaki klasemen dan bersaing di papan atas.

Ian Gillan tercatat sudah lima kali memimpin skuadnya di seri kedua. Dengan hasil dua kemenangan satu imbang, dan dua kekalahan. PSIS untuk sementara masih berada di urutan keempat dengan 19 poin.

Eks pelatih Serawak FC itu masih memerlukan penyesuain dengan kultur sepak bola Indonesia dan memaksimalkan potensi para pemain di timnya. Mengingat PSIS dikenal sebagai tim kuda hitam.

5 dari 6 halaman

Stefano Cugurra Teco

BRI Liga 1: Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
BRI Liga 1: Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Dia adalah sosok pelatih asing yang cukup sukses, terutama dalam beberapa musim terakhir di Liga 1. Stefano Cugurra atau Teco berstatus pelatih yang membawa dua tim berbeda menjuarai kompetisi.

Bersama Persija Jakarta di musim 2018 dan Bali United untuk edisi 2019, adalah bukti tangan dingin pelatih asal Brasil tersebut. Kini masih bersama Bali United, karakternya belum hilang.

Teco mampu membuat para penggawa Serdadu Tridatu bermain dengan ciri khas mental juara. Beberapa kali Bali United sempat tertinggal lebih dahulu, nyatanya mampu bangkit mengejar bahkan berbalik unggul.

Saat ini Bali United di bawah naungan Teco berada di posisi kelima dengan nilai 19. Lima kemenangan, empat kali imbang, dan dua kekalahan mewarnai kiprahnya. Pada seri ketiga nanti, kualitas seorang Teco sebagai pelatih asing penuh pengalaman akan kembali diuji.

6 dari 6 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1 2021/2022

Disadur dari: Bola.com/Aryo Atmaja

Published: 9 November 2021

KOMENTAR