BRI Liga 1: Arema FC vs Persija, Bagaimana Kedua Pelatih Bersiap?

Editor Bolanet | 4 Februari 2022, 12:52
Duel Pelatih Arema FC Vs Persija Jakarta di BRI Liga 1 2021-2022. (c) Bola.com/Adreanus Titus
Duel Pelatih Arema FC Vs Persija Jakarta di BRI Liga 1 2021-2022. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Arema FC dan Persija Jakarta terus bersiap diri jelang pertemuan kedua tim pada akhir pekan nanti. Arema vs Persija bakal bertemu di lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (5/2/2022) besok.

Jika melihat kondisi tim, pelatih Arema FC, Eduardo Almeida bisa dibilang lebih diuntungkan. Mereka berada di puncak klasemen dan tak terkalahkan dalam 19 laga.

Artinya, kondisi tim sangat kondusif. Sehingga Almeida memimpin tim dengan atmosfer positif. Namun dibalik itu, ada beban berat di pundak pelatih asal Portugal itu.

Mempertahankan puncak bukan hal ringan. Karena lawan selalu punya semangat lebih tinggi untuk mengalahkan Arema sekaligus menghentikan rekor tak terkalahkan. Ditambah lagi ancaman tidak bisa menurunkan skuad terbaik karena COVID-19 yang kini marak terjadi.

"Mempertahankan posisi di puncak klasemen memang lebih sulit daripada meraihnya. Tapi kami akan melakukan apapun untuk selalu dapat 3 poin di pertandingan," katanya.

1 dari 2 halaman

Masih Tuai Kritikan

Selain itu, ada beban lain yang dirasakan Almeida. Yakni dari kritikan netizen. Meski berada di puncak klasemen, bukan berarti permainan timnya lepas dari kritikan.

Ada yang menilai performa Arema terlalu bertahan. Fans dibuat deg-degan dengan cara bermain seperti itu.

“Saya tidak mengerti terkadang. Ketika main menyerang dan terkena serangan balik sebagai risikonya, dikritik. Begitu juga saat main bertahan dan mengandalkan serangan balik,” keluhnya.

Tapi dia berusaha cuek dan tetap menjalankan tugasnya sebagai pelatih. Mempersiapkan taktik dan strategi sampai analisa lawan.

Jelang lawan Persija, dia mengaku respek dengan tim lawan. Dia melihat Persija tetap tim besar di Indonesia. Saat awal musim, tim berjuluk Macan Kemayoran itu jadi juara Piala Menpora 2021. Meski saat ini Persija ada di papan tengah, Almeida tak ingin memandang sebelah mata.

2 dari 2 halaman

Kondisi Limbung

Di kubu Persija sedang memiliki modal buruk untuk menghadapi Arema. Mereka baru saja dikalahkan tim juru kunci Persiraja Banda Aceh 0-1 di matchday 22. Ini membuat Jakmania bereaksi keras. Padahal Persiraja selama ini jadi bulan-bulanan kontestan lain.

Ini jadi sebuah tekanan bagi pelatih Persija, Sudirman. Padahal saat pertama menggantikan Angelo Alessio, dia sempat memberikan kemenangan lawan Persita Tangerang.

Tentunya dia ingin mencari poin yang hilang ketika menghadapi Arema. Tentu ini sebuah pekerjaan yang berat. Jika kalah, kritikan suporter bakal berlanjut.

Padahal nama Sudirman cukup harum di hadapan suporter. Karena awal musim ini dia memberikan gelar juara Piala Menpora 2021. Ketika menggantikan Angelo, dia diharapkan membawa posisi Persija lebih baik di klasemen. Karena dia sudah mengenal lebih dekat karakter para pemainnya

Tapi sekarang, dia harus memperbaiki performa timnya. Terutama meminimalisir kesalahan. Karena kekalahan dari Persiraja bermula dari sebuah kesalahan lini belakang. Yakni Otavio Dutra yang membuang bola tapi jatuh di kaki pemain lawan di dalam kotak penalti.

"Dalam 89 menit kami bermain bagus, tapi 1 menit membuat kesalahan, maka semua mata akan memandang kita," jelasnya. Artinya, dia menanamkan kepada pemain jika membela tim sebesar Persija kesalahan kecil pun tak boleh dilakukan.

Disadur dari: Bola.com (Iwan S/Aryo A; 4/2/22)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR