BRI Liga 1: 4 Pemain Kunci PSIS Semarang untuk Jinakkan Persija Jakarta

Gia Yuda Pradana | 6 Januari 2022, 11:24
PSIS Semarang di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
PSIS Semarang di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - PSIS Semarang dan Persija Jakarta akan saling berhadapan pada pekan ke-18 BRI Liga 1 2021/2022, Kamis 6 Januari 2022. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.


PSIS saat ini menempati peringkat 6 klasemen dengan 27 poin. Sementara itu, Persija berada di tangga ke-8 dengan 25 poin.

PSIS memiliki skuad berkualitas. Meski belum bisa diperkuat Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga, yang masih menjalani karantina usai memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, PSIS tetap berbahaya.

Ada setidaknya empat nama yang bisa menjadi pemain kunci PSIS untuk menjinakkan Persija. Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Jandia Eka Putra

Jandia Eka Putra (c) Bola.net/Fitri Apriani

Penjaga gawang asal Padang, Sumatera Barat ini adalah kiper utama PSIS Semarang musim ini. Jandia hingga kini sudah mencatatkan 13 pertandingan untuk Mahesa Jenar.

Usia Jandia saat ini adalah 34 tahun. Di usia tersebut, kiper yang punya ciri khas rambut gondrong ini masih belum kehilangan refleks dan kemampuan membaca bola.

Jandia kini justru dibekali dengan ketenangan yang bagus. Itu sangat penting untuk memberikan rasa aman di lini belakang PSIS Semarang.

2 dari 5 halaman

Wahyu Prasetyo

BRI Liga 1: Pemain PSIS Semarang, Wahyu Prasetyo (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Orang banyak membicarakan peran penting yang dimiliki Wallace Costa di lini belakang PSIS Semarang musim ini. Itu ada benarnya, sebab pemain asal Brasil itu memang tampil konsisten dan kokoh.

Namun, ada nama lain yang patut dapat apresiasi serupa. Sosok yang dimaksud adalah bek lokal bernama Wahyu Prasetyo.

Di BRI Liga 1 2021-22 pemain berusia 23 tahun itu sudah tampil 16 kali. Artinya ia hanya absen sekali membela PSIS di musim ini. Itupun terjadi lantaran ia mendapatkan akumulasi kartu kuning.

Pemain kelahiran Batang, Jawa Tengah ini memiliki postur yang cukup tinggi 180 cm. Selain itu di usianya yang terbilang muda, Wahyu sudah memiliki ketenangan yang baik dalam bertahan.

3 dari 5 halaman

Flavio Beck Junior

Flavio Beck Junior (c) Bola.com/Vincentius Atmaja

Kreativitas jadi salah satu problem PSIS Semarang di putaran pertama lalu. Jelang putaran kedua, Mahesa Jenar mendatangkan gelandang kreatif dalam diri Flavio Beck Junior.

Kedatangan Flavio dinilai sangat krusial. Ia memiliki kemampuan distribusi bola yang sangat bagus.

Datangnya pemain asal Brasil ini juga akan meringankan kerja Jonathan Cantillana dan Septian David Maulana. Diketahui, dua pemain itu sangat diandalkan PSIS dalam membangun serangan di musim ini.

4 dari 5 halaman

Rachmat Hidayat

Suasana latihan PSIS Semarang (c) Dok. PSIS Semarang

Eks pemain PSMS Medan ini didatangkan PSIS Semarang di bursa transfer paruh musim BRI Liga 2021/2022. Kedatangannya diharapkan bisa jadi opsi tambahan bagi Dragan Djukanovic di lini depan Mahesa Jenar.

Rachmat memang punya kualitas itu. Ia bisa dimainkan di posisi sayap atau bisa juga didorong lebih ke depan sebagai penyerang tengah.

Pemain berusia 30 tahun ini kemungkinan besar akan dimainkan bersama dengan penyerang anyar PSIS yang lain, Chevaughn Walsh. Pemain asal Jamaika itu sudah menjalani karantina dan siap diturunkan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR