Bisa Mainkan 6 Posisi Berbeda di Persija, Apa Rahasia Novri Setiawan?

Gia Yuda Pradana | 9 Agustus 2021, 12:38
Novri Setiawan (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Novri Setiawan (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Persija Jakarta beruntung memiliki Tony Sucipto dan Novri Setiawan. Sebab, keduanya adalah pemain fleksibel, yang bisa dipasang di beberapa posisi berbeda.

Keahlian Toncip, karib Tony disapa, sebagai pemain dengan segudang peran, sudah sering disorot. Namun, spesialisasi Novri masih jauh dari kata perhatian.

Kontribusi Novri untuk Persija Jakarta mulai terasa tatkala dipercaya sebagai winger kanan pada formasi 4-3-3 di Liga 1 2017.

Kedatangan Riko Simanjuntak di Liga 1 2018 membuat Novri kehilangan posisi winger kanan. Namun, perannya diubah menjadi winger kiri.

Di musim 2019, Persija Jakarta punya stok winger yang berlebih sehingga Novri terkadang dimainkan sebagai bek sayap kanan.

Selain surplus penyerang kanan, kepindahan Novri ke posisi itu juga diakibatkan kondisi fisik Ismed Sofyan yang makin menurun karena termakan usia.

"Kuncinya adalah fisik dan mental yang kuat," kata Novri perihal kunci beradaptasi dengan beragam posisi dinukil dari laman klub.

"Menurut saya, percuma jika punya skill bagus, tapi fisik dan mental tidak kuat," tutur mantan pemain Sriwijaya FC itu.

1 dari 1 halaman

Ganti Posisi Lagi

Novri Setiawan (c) Bola.com/Yoppy Renato

Novri Setiawan (c) Bola.com/Yoppy Renato

Dua tahun terakhir, Novri bukan hanya mengalami pergeseran posisi, namun juga perubahan peran di tim. Kehadiran Osvaldo Haay di Persija Jakarta menjadi penyebabnya.

Novri terpaksa harus menerima kenyataan berstatus sebagai pemain pelapis di tim berjulukan Macan Kemayoran itu.

Keikhlasan dan kesabaran Novri berbuah manis. Di Piala Menpora 2021, Persija masih belum memercayai Rezaldi Hehanussa sebagai bek sayap kiri.

Bule, karibnya disapa, belum kembali ke sentuhan terbaiknya setelah pulih dari cedera kaki.

Novri, yang dikenal sebagai pemain dengan daya juang tinggi, ditunjuk sebagai pengganti Rezaldi untuk pos bek sayap kiri.

Di final Piala Menpora ketika Persija berhadapan dengan Persib Bandung, Novri bahkan berhasil bikin Febri Hariyadi mati kutu.

Selain empat posisi di atas, Novri juga pernah diplot sebagai gelandang sayap kanan dan kiri selama kariernya di Persija sejak 2015.

"Mau bermain di sayap kanan atau sayap kiri, itu sama saja. Saya nyaman di posisi apapun yang diminta pelatih," tegasnya.

Disadur dari: Bola.com/Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi

Published: 9 Agustus 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR