BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bisa Dicontoh, Begini Protokol Latihan di Malaysia Menurut Eks Pelatih Fisik Timnas U-19

14-08-2020 20:26 | Serafin Unus Pasi

Bola disemprot didesinfektan dalam pertandingan Bundesliga antara Duesseldorf dan Paderborn di Merkur Spiel-Arena, Duesseldorf, Jerman, Sabtu, 16 Mei 2020. (c) AP Photo Bola disemprot didesinfektan dalam pertandingan Bundesliga antara Duesseldorf dan Paderborn di Merkur Spiel-Arena, Duesseldorf, Jerman, Sabtu, 16 Mei 2020. (c) AP Photo

Bola.net - Mantan pelatih fisik Timnas Indonesia U-19, Sofie Imam Faisal membeber protokol latihan di Malaysia. Staf pelatih Sabah FA tersebut mengatakan bahwa latihan berlangsung sangat ketat.

Menurut Imam, latihan dibagi menjadi dua fase. Dan tidak semua pemain bisa langsung ikut. Ada beberapa tahapan yang harus dijalani mereka.

"Kita start latihan wajib swab test, dan di fase 1 latihan hanya diperbolehkan 10 player plus 4 pelatih," katanya kepada Bola.net.

"Latihan sifatnya tidak boleh body kontak selama dua minggu," imbuh pria asal Tulungagung tersebut.

Baru lah, setelah dua pekan berjalan, pemain yang lain bisa bergabung dengan tim. Tapi, latihan digelar tertutup dengan rutin melakukan pengecekan suhu sebelum latihan digelar.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Interaksi Pemain sampai Uji Coba Juga Diatur

Tidak hanya itu, pemain juga tidak diperbolehkan untuk berinteraksi dengan siapapun selama masa persiapan menyambut kompetisi. Kecuali dengan keluarga.

"Selama mau start liga pemain hanya diperbolehkan jumpa keluarga dan datang ke tempat latihan. Dilarang bertemu orang lain," jelasnya.

Klub juga tidak boleh sembarangan melakoni uji coba dalam menggelar persiapan. Harus ada garansi bahwa lawannya bebas dari ancaman virus asal Wuhan tersebut.

"Kita dilarang uji coba dengan tim amatir. Wajib dengan tim profesional yang mendapat kelulusan dari federasi kalau bebas Covid-19," tegasnya.

Protokol latihan tersebut bisa menjadi contoh bagi klub Indonesia yang akan kembali menggulir kompetisi. Liga Super Malaysia sendiri, akan bergulir mulai 22 Agustus mendatang.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR