BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Berani Berubah: Kisah Ricky Kambuaya yang Rajin Berkebun Selama Pandemi Covid 19

10-08-2020 12:54 | Afdholud Dzikry

Pemain Persebaya, Ricky Kambuaya, mengontrol bola saat latihan di Lapangan Yogyakarta Independent School, Sleman, Kamis (23/1/2020). (c) Bola.com/Aditya Wany Pemain Persebaya, Ricky Kambuaya, mengontrol bola saat latihan di Lapangan Yogyakarta Independent School, Sleman, Kamis (23/1/2020). (c) Bola.com/Aditya Wany

Bola.net - Sejak kompetisi dihentikan pada Maret 2020 lalu, gelandang Persebaya Surabaya, Ricky Kambuaya memilih mudik ke kampung halamannya, Sorong, Papua Barat. Selama empat bulan itu, banyak kegiatan yang ia lakukan.

Satu di antara aktivitas barunya di tengah pandemi ini adalah berkebun. Keluarganya memiliki sebidang tanah di dekat rumah, yang biasanya digunakan sebagai kebun keluarga.

"Saya sedang suka-sukanya dengan berkebun, bangun pagi sudah sarapan langsung megang alat berkebun. Untuk saat ini rasanya lebih akrab dengan dengan kapak, parang, cangkul untuk berkebun daripada dengan sepatu bola," tutur Ricky, Minggu (9/8/2020).

Pemain Persebaya Surabaya berusia 24 tahun itu mampu menghasilkan bahan makanan sendiri yang bisa dikonsumsi untuk keluarganya. Kegiatan ini juga bisa membuat Ricky lebih bugar karena berkebun juga memerlukan banyak energi.

Selain itu, mantan pemain PSS Sleman tersebut juga tetap menjaga kondisi kebugaran dengan menjalani latihan fisik. Ricky juga disibukkan dengan renovasi rumah yang dilakukannya.

"Sekarang lebih banyak aktivitas sekitar rumah, jaga kondisi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Kegiatan yang dilakukan selain menjaga kondisi ya mengawasi rumah saya yang dalam proses pembangunan sekarang," ucap pemain Persebaya Surabaya itu.

1 dari 1 halaman

Rindu Persebaya

Ricky cukup beruntung berdomisili di Papua Barat. Provinsi tersebut termasuk daerah zona hijau dengan angka kasus Covid-19 cenderung sedikit. Sampai hari ini, tercatat sebanyak 551 terkonfirmasi, dengan pasien sembuh mencapai 362, dan 6 meninggal dunia.

Kabar dilanjutkannya kompetisi Shopee Liga 1 2020 mulai 1 Oktober tetap membuat Ricky ingin segera kembali ke Surabaya. Maklum, dia sudah tak berjumpa dengan para penggawa Persebaya lainnya dalam jangka waktu yang lama.

“Jujur, saya rindu semua keluarga Persebaya dan yang paling dirindukan adalah kakak Patrich (Wanggai). Karena kakak Patrich paling dekat dan suka bercanda sama saya,” ujar Ricky Kambuaya.

Disadur dari: Bola.com (Aditya Wani/Yus Mei Sawitri)

Published: 10/8/2020

KOMENTAR