Benny Wahyudi, 'Kode' PSIS Semarang Segera Melepas Pratama Arhan ke Luar Negeri

Asad Arifin | 9 Januari 2022, 01:05
Penyerang Persis Solo, Irfan Bachdim (Kiri) berduel dengan Bek PSIM Yogyakarta, Benny Wahyudi (kanan) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Penyerang Persis Solo, Irfan Bachdim (Kiri) berduel dengan Bek PSIM Yogyakarta, Benny Wahyudi (kanan) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - PSIS Semarang seperti memberi 'kode' bahwa Pratama Arhan tidak lama lagi akan dilepas ke klub luar negeri. Kode itu berbentuk keputusan klub merekrut bek kanan baru yakni Benny Wahyudi.


Benny Wahyudi merupakan pemain yang sudah matang pengalaman di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Dia pemain menjadi andalan Timnas Indonesia pada era kepelatihan Alfred Riedl.

Benny biasa bermain untuk posisi bek kanan dan bek kiri. Namanya melambung ketika bermain untuk Arema FC. Dia cukup lama membela panji Singo Edan. Selain itu, dia juga pernah membela Madura United dan PSM Makassar.

1 dari 4 halaman

Pengganti Pratama Arhan?

Aksi Pratama Arhan pada laga melawan Singapura di leg pertama semifinal Piala AFF 2020 (c) AP Photo

Sebelumnya, pemain asal Malang ini memperkuat PSIM Yogyakarta. Beny didatangkan karena manajemen PSIS bertekad memperkuat posisi di posisi bek sayap setelah ada pemain yang cedera.

“Kami datangkan Benny karena di posisi bek sayap perlu penambahan pemain. Yang pertama ada pemain yang cedera seperti Fredyan, kedua karena kita jaga-jaga kalau ada pemain PSIS yang merumput di luar negeri,” ujar General Manager PSIS, Wahyoe “Liluk” Winarto.

Diketahui, Fredyan mengalami cedera cukup parah di bagian hamstring pada November 2021. Sampai saat ini pemain asal Sukoharjo, Jawa Tengah itu masih menjalani pemulihan.

Kedatangan Beny yang sudah berusia 35 tahun juga diharapkan bisa jadi inspirator bagi para pemain PSIS Semarang yang lain. Diketahui, libi belakang Mahesa Jenar musim ini terutama di posisi bek sayap banyak diisi oleh pemain muda.

Sebut saja Pratama Arhan, Frendi Saputra, dan Riyan Ardiansyah. Ada pula nama pemain muda lain seperti Kartika Vedhayanto, dan Aqsha Saniskara.

2 dari 4 halaman

Impresif di Liga 2 2021

Selain itu, Manajemen PSIS Semarang juga mengatakan bahwa penampilan Benny dengan PSIM di Liga 2 lalu cukup apik sehingga menjadi pertimbangan tersendiri.

“Kemarin Benny di PSIM cukup bagus sampai mengantarkan Laskar Mataram ke semifinal Liga 2. Tak hanya itu, Benny juga pemain berpengalaman sehingga bisa menjadi mentor juga untuk pemain-pemain muda PSIS,” pungkas Liluk.

Diketahui, Benny jadi andalan PSIM Yogyakarta di Liga 2 2021 yang lalu. Di ajang itu Beny tampil 12 kali dengan mencetak dua assist.

Sayangnya Benny tidak bisa membawa PSIM promosi ke BRI Liga 1. Sebab, laju tim asuhan Seto Nurdiyantoro harus terhenti di babak semifinal.

3 dari 4 halaman

Sudah Ikuti Sesi Latihan

Benny Wahyudi saat masih membela Arema. (c) Fitri Apriani

Beny saat ini sudah berada di hotel tempat pemain PSIS menginap yang terletak di Kawasan Jimbaran, Badung, Bali.

Sabtu (8/1/2022) ini, Beny sudah mengikuti latihan secara reguler dengan tim untuk mempersiapkan diri menghadapi gameweek selanjutnya menghadapi Persiraja. Pada laga itu ada peluang bagi Beny untuk ditampilkan oleh pelatih PSIS, Dragan Djukanovic.

Ini juga akan jadi penampilan perdana Beny pada ajang Liga 1 dalam dua tahun terakhir. Terakhir kali Beny tampil di kasta tertinggi adalah saat ia memperkuat PSM Makassar pada 2019.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR