BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Aremania Sambut Positif Deklarasi 'Aremania Cinta Damai'

07-03-2020 22:59 | Gia Yuda Pradana

Aremania, suporter Arema FC (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Aremania, suporter Arema FC (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Acara 'Deklarasi Aremania Cinta Damai', yang dihelat di pelataran parkir Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Sabtu (7/3/2020) mendapat sambutan positif. Awang Karta, Koordinator Aremania Wilayah Kanjuruhan, mengaku sangat mendukung inisiatif tersebut.

"Menurut saya, ini adalah inisiatif yang sangat bagus," kata Awang.

"Ide mengumpulkan Aremania dari Malang Raya dan menggelar deklarasi ini sangat bagus," sambungnya.

Sebelumnya, jelang laga perdana Arema FC pada ajang Shopee Liga 1 musim 2020, diadakanlah deklarasi ini. Deklarasi ini sendiri merupakan inisiatif Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, untuk menjaga kondusivitas suasana laga kandang Arema sepanjang musim ini.

Deklarasi ini sendiri diikuti sekitar 3000 Aremania dari seluruh wilayah hukum Polres Malang. Selain deklarasi, ada pula sesi hiburan yang dihelat pada acara ini.

Lebih lanjut, Awang menyebut bahwa saat ini pola pikir soal rivalitas dengan kelompok suporter klub lain sudah waktunya diubah. Menurutnya, sekarang sudah bukan lagi waktunya melanjutkan rivalitas di luar lapangan.

"Tugas suporter di stadion mendukung tim kita untuk meraih hasil positif. Tugas kita para suporter bukan untuk mencari musuh," tutur Awang.

"Kami berharap, ke depannya, generasi mendatang Aremania bisa rukun dengan semua pihak, termasuk yang selama ini disebut sebagai rival," ia menandaskan.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Perlu Waktu

Suporter Arema (c) Dok Bola.com Suporter Arema (c) Dok Bola.com

Awang menyebut, sebagus apa pun inisiatif ini, tetaplah perlu waktu agar bisa tersosialisasi sampai level akar rumput. Namun, menurutnya, hal ini bisa dimulai dari hal kecil dahulu dan sekarang juga.

Menurut Awang, langkah ini bisa dimulai dari menghentikan nyanyian dan chant rasis. Ia menyebut, bibit-bibit permusuhan kerap muncul dari nyanyian dan chant rasis dan bernada kebencian.

"Tugas kita adalah untuk saling mengingatkan. Tak hanya di tribune, tapi juga sampai di luar pertandingan. Kita harus tumbuhkan nilai-nilai positif melalui sepak bola," tandasnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR