BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Arema FC Tak Permasalahkan Kompetisi Musim 2020 Tanpa Degradasi

02-06-2020 21:37 | Serafin Unus Pasi

Duel antara pemain muda Arema FC, Feby Eka Putra, dan bek senior Persib Bandung, Supardi Nasir, kala kedua tim bertemu di pekan kedua Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (8/3/2020). (c) Bola.com/Iwan Setiawan Duel antara pemain muda Arema FC, Feby Eka Putra, dan bek senior Persib Bandung, Supardi Nasir, kala kedua tim bertemu di pekan kedua Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (8/3/2020). (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, membeber sikap timnya terkait adanya wacana kompetisi musim 2020 tidak menerapkan mekanisme degradasi. Ia menyebut tim berlogo singa mengepal tersebut tak mempermasalahkan jika mekanisme degradasi dihapus pada musim ini.

"Mulanya, kami sempat bertanya-tanya dengan adanya wacana kompetisi tanpa degradasi," ungkap Ruddy, pada Bola.net.

"Namun, setelah menelaah maksud dari tiadanya degradasi pada musim ini, kami tak menganggapnya sebagai sebuah masalah," sambungnya.

Menurut Ruddy, ada sejumlah alasan di balik munculnya wacana kompetisi tanpa degradasi ini. Salah satunya, sambung manajer berusia 48 tahun tersebut, adalah untuk menghilangkan kerisauan klub harus bertanding di tengah pandemi seperti ini.

"Tanpa degradasi, klub bisa lebih plong dalam mengikuti kompetisi," ucap Ruddy.

"Kita harus sama-sama maklum dengan hal ini. Maklum saja, kondisi belum lagi pulih, sedangkan kompetisi harus segera berjalan lagi," imbuhnya.

Sebelumnya, muncul wacana bahwa mekanisme akan dihapuskan jika kompetisi musim 2020 digulirkan kembali. Wacana ini muncul dalam rapat virtual antara klub dan PSSI yang dihelat Selasa (02/06).

Dalam wacana tersebut, selain tak ada degradasi, disepakati bahwa akan ada dua klub Liga 2 yang promosi ke Liga 1. Jadi, pada musim 2021, kompetisi akan diikuti 20 tim.

Wacana penghapusan mekanisme degradasi ini bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, sejumlah klub Liga Jepang juga sepakat kompetisi musim ini tanpa degradasi.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Yakin Tetap Kompetitif

Lebih lanjut, Ruddy menampik keraguan kompetisi akan tetap kompetitif jika mekanisme degradasi dihapuskan. Ia optimistis, kendati tanpa degradasi, kompetisi tak akan kehilangan rohnya.

"Saya rasa tetap akan kompetitif. Klub-klub tentu ingin menunjukkan kemampuan terbaik mereka pada kompetisi," kata Ruddy.

"Jadi, menurut saya, nggak ada masalah kalau nggak ada degradasi. Semua pasti tetap akan kompetitif," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR