BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Arema FC Harap PT LIB Tetap Kucurkan Subsidi ke Klub

03-11-2020 18:32 | Serafin Unus Pasi

Gitra Yuda Furton dan Caio Ruan di Arema FC  (c) Bola.com/Iwan Setiawan Gitra Yuda Furton dan Caio Ruan di Arema FC (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Manjamen Arema FC angkat bicara menanggapi surat PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) ihwal kelanjutan kompetisi musim 2020. Klub berlogo singa mengepal ini berharap agar semua pihak bisa bersama-sama menjaga agar keberlangsungan kompetisi bisa terwujud.

Salah satu cara menjaga ini, menurut Arema FC, adalah dengan tetap memberikan subsidi kepada klub, sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Pasalnya, saat ini, klub sudah membuktikan komitmen mereka untuk menjaga keberlangsungan kompetisi, kendati dengan berdarah-darah.

Menurut Media Officer Arema FC, Sudarmaji, saat ini klub mengalami defisit anggaran yang sangat berat. Terlebih lagi PT LIB, melalui surat mereka menyatakan akan memotong subsidi sebesar 75% dan baru akan dibayarkan setelah kompetisi bergulir, pada Februari mendatang.

"Kondisi ini akan memperburuk klub," ucap Sudarmaji, dalam rilis yang diterima redaksi Bola.net.

"Apalagi, rata-rata, tim memperpanjang kontrak pemain mereka pada November ini. Mereka berharap kompetisi bakal dimulai pada November ini," sambungnya.

Menurut Sudarmaji, agar nasib klub tidak makin terpuruk, ada hal yang bisa dilakukan PT LIB. Operator kompetisi Liga 1 dan 2 ini bisa tetap memberikan subsidi sebesar 25% untuk jangka waktu Oktober sampai Februari.

"Sebab, saat ini, klub praktis tak ada pemasukan apa pun," tuturnya.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Isi Surat LIB

Sebelumnya, melalui surat bernomor 394/LIB-KOM/XI/2020, PT LIB menyampaikan perubahan status kompetisi Liga 1 tahun 2020.

Dalam surat yang ditandatangani Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita ini, terdapat delapan poin, termasuk membahas masalah kontribusi komersial.

PT LIB menyebut bahwa kontribusi komersial periode Oktober 2020-Januari 2021 akan diberikan dengan besaran 25% dari nilai yang telah ditetapkan sebelumnya. Dana ini baru akan diberikan ketika kompetisi berjalan.

Apabila kompetisi berjalan sesuai rencana, maka kontribusi komersial pada Februari-Juli 2021 akan diberikan penuh sesuai yang telah ditetapkan.

2 dari 2 halaman

Harap PSSI Segera Keluarkan SK

Lebih lanjut, Sudarmaji juga menyampaikan harapan lainnya terkait keberlanjutan kompetisi ini. Pria berusia 44 tahun tersebut berharap agar PSSI segera mengeluarkan surat keputusan baru terkait relaksasi kewajiban terhadap pemain dan pelatih.

"Kami berharap PSSi segera mengeluarkan surat sebagai pedoman untuk menghadapi dan menjelaskan kepada pemain dan pelatih terkait kewajiban klub kepada mereka," tutur Sudarmaji.

"Semula klub sangat menaruh harapan pada November, maka konsekuensinya kami melakukan perpanjangan kontrak. Karenanya, untuk memproteksi semua pihak dan agar tak ada sengketa pada kemudian hari, maka kami sangat berharap ada surat dari federasi," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR