Arema FC Disarankan Benahi Struktur Organisasi Manajemen

Richard Andreas | 18 November 2022, 23:51
Arema FC Disarankan Benahi Struktur Organisasi Manajemen
Arema FC di Liga 1 2022/2023 (c) PT LIB

Bola.net - Arema FC diminta mengubah struktur organisasi manajemen mereka saat ini. Hal tersebut bertujuan agar klub berlogo singa mengepal ini lebih profesional dan modern dalam pengelolaan.

Permintaan ini diungkapkan Match Commisioner AFC, Ronny Suhatril. Ronny sendiri merupakan salah seorang yang dimintai saran oleh direksi Arema FC dalam proses pemulihan mereka pasca-Tragedi Kanjuruhan.

Menurut Ronny, ke depan, struktur organisasi Arema FC bisa jadi lebih gemuk. Namun, hal ini bertujuan untuk berjalannya organisasi di klub tersebut.

"Tujuannya agar semua berjalan lancar, karena manajemen klub sepak bola ini adalah sebuah sistem," tutur Ronny.

"Banyak hal yang harus dikerjakan sesuai dengan tupoksinya," ia menambahkan.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Analisis Awal

Namun, Ronny mengaku bahwa sarannya tersebut masih sebatas hasil dari analisis awal. Menurutnya, masing-masing klub tentu memiliki kultur berbeda. Terlebih, di Indonesia, banyak klub yang masih berafiliasi dengan perusahaan.

"Masing-masing klub memang memiliki sistem kerja sendiri," kata Ronny.

"Namun harus ada yang menjadi patokan ideal dari suatu sistem manajemen,” jelas Ronny.

2 dari 2 halaman

Tanggung Jawab Berlapis

Lebih lanjut, Ronny pun memberikan analisisnya terhadap penyelenggaraan pertandingan Arema FC. Ia menyarankan, adanya penanggung jawab secara berlapis di jajaran manajemen hingga struktur penyelenggaraan.

Ronny berkaca ke pengalamannya saat bertugas di luar negeri. Di sana, ada posisi security manager juga match safety dan security operation. Tujuannya, sambung eks Media Officer Semen Padang ini, adalah untuk mematangkan sistem keamanan secara komprehensif.

"Komunikasi terkait regulasi harus intens dilakukan," ia menandaskan.

(Dendy Gandakusumah/Bola.net)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR