Arema FC Bakal Tambah Pelatih Demi Penuhi Regulasi

Ari Prayoga | 20 Desember 2018, 02:52
Arema FC (c) Arema FC
Arema FC (c) Arema FC

Bola.net - - Komposisi tim pelatih Arema FC hampir bisa bakal berubah pada musim kompetisi 2019 mendatang. Klub berlogo singa mengepal ini dipastikan akan menambah jumlah asisten pelatih anyar.


Media Officer Arema FC, Sudarmaji, menyebut bahwa ada beberapa alasan di balik rencana timnya menambah asisten pelatih. Selain masalah teknis, ia menegaskan bahwa penambahan ini juga berkaitan dengan regulasi.

"Musim depan, kemungkinan aturan bahwa salah satu asisten pelatih harus memiliki lisensi minimal setara A AFC akan diterapkan," ujar Sudarmaji, beberapa waktu lalu.

"Arema, sebagai tim yang patuh dengan regulasi, harus mengikuti persyaratan ini. Mau tidak mau, kami akan mencari yang sesuai dengan persyaratan," sambungnya.

Menurut Sudarmaji, sejauh ini, Arema FC sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah pelatih yang memenuhi syarat ini. Namun, menurut pria 42 tahun tersebut, belum ada kesepakatan apa pun dengan siapa pun soal ini.

"Ya ditunggu saja," tandasnya.

Bagaimana kriteria asisten pelatih yang dicari Arema? Simak penjelasannya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Piawai Melatih Fisik dan Jebolan Arema

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, menyebut bahwa salah satu kebutuhan Arema FC adalah sosok pelatih yang piawai menyiapkan kondisi fisik tim. Hal ini, sambung Ruddy, terutama berguna ketika tim bermain tandang.

"Kan ada yang ditinggal di Malang. Nah, tugas pelatih ini memimpin sesi latihan pemain yang tidak dibawa dalam laga tandang," ucap Ruddy.

Ruddy sendiri juga memiliki kriteria soal kandidat asisten pelatih anyar tersebut. Menurut manajer berusia 47 tahun ini, asisten pelatih anyar ini haruslah jebolan Arema sendiri.

"Selain untuk apresiasi bagi jasa mereka, kami ingin agar para pelatih ini bisa mempertahankan ciri khas Arema," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Dari Agus Yuwono Sampai Rohanda

Saat ini, muncul sejumlah nama terkait kandidat calon pelatih Arema FC. Nama-nama macam Agus Yuwono sampai Rohanda disebut berpeluang masuk ke klub berlogo singa mengepal ini.

Agus Yuwono dan Rohanda sama-sama memegang lisensi kepelatihan A AFC. Agus memiliki kelebihan, yaitu merupakan alumnus Arema sendiri. Sementara, kendati tak berstatus sebagai jebolan Arema, Rohanda terkenal piawai memoles fisik pemain. Namanya pun pernah masuk ke jajaran pelatih Arema beberapa waktu lalu, terutama jelang verifikasi klub profesional.

Nama lain yang juga muncul adalah Siswantoro. Ia merupakan alumnus Arema yang juga piawai dalam melatih fisik pemain. Namun, eks pelatih Metro FC ini belum memegang lisensi setara A AFC.

3 dari 3 halaman

Video Menarik

Manchester United resmi menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai pengganti Jose Mourinho hingga akhir musim 2018-19.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR