BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

APPI Sebut Persiapan Klub Tidak akan Maksimal jika Liga 1 Dimulai 20 Agustus

05-08-2021 08:46 | Gia Yuda Pradana

PT Liga Indonesia Baru (c) Bola.com/Dody Iryawan
PT Liga Indonesia Baru (c) Bola.com/Dody Iryawan

Bola.net - Persiapan klub-klub Liga 1 2021/2022 dinilai Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) tidak akan maksimal jika kompetisi kick off pada 20 Agustus mendatang. Sebab, waktu untuk mempersiapkan tim terlalu sedikit.

Meski demikian, APPI tetap mendukung Liga 1 musim ini bergulir mulai 20 Agustus. Sebab terpenting saat ini, kompetisi yang sudah vakum sejak Maret 2020 itu bisa bergulir lagi.

"Memang persiapan untuk Liga 1 mepet. Tapi paling penting kompetisi berjalan karena sudah satu tahun lebih kompetisi di sini (Indonesia) tidak berjalan," ujar Presiden APPI, Firman Utina, saat dihubungi wartawan.

"Bila pelaksanaan Liga 1 diundur memang bagus untuk persiapan klub. Tapi kembali lagi, bukan klub yang menentukan Liga 1 tetap dimulai 20 Agustus atau setelah tanggal itu," katanya menambahkan.

Yang memutuskan Liga 1 musim ini kick off pada 20 Agustus memang adalah PSSI. Namun, putusan itu disepakati oleh klub-klub peserta saat pertemuan virtual dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI, Rabu (4/8).

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Berlatih Mandiri

Firman Utina (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Firman Utina (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Sementara itu meski persiapan mepet, Firman tak khawatir dengan kebugaran para pemain Liga 1. Sebab, mereka diyakini tetap menjalani latihan sendiri selama aktivitas tim dirumahkan.

Seperti diketahui, mayoritas klub memilih untuk meliburkan timnya pasca Liga 1 musim ini gagal kick off pada 9 Juli. Ditambah lagi adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan pemerintah sejak 3 Juli sampai sekarang.

"Saya rasa juga klub-klub sudah meminta pemainnya berlatih mandiri dengan baik. Pemain juga pasti menjaga kondisinya dengan benar lewat program yang disusun pelatih," imbuh Firman.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR