BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

APPI Minta Kejelasan Soal Wacana Turnamen Pengganti Kompetisi Musim 2020

16-04-2020 20:54 | Serafin Unus Pasi

Ponaryo Astaman (c) Fitri Apriani
Ponaryo Astaman (c) Fitri Apriani

Bola.net - Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) angkat bicara soal adanya wacana untuk menggelar turnamen, jika kompetisi musim 2020 disetop permanen. Mereka menyebut bahwa ada sejumlah hal yang perlu diperjelas terlebih dahulu soal turnamen ini.

General Manager APPI, Ponaryo Astaman, menilai bahwa bisa saja PSSI menggelar turnamen pengganti kompetisi jika memang keadaan sudah memungkinkan. Namun, ia menyebut ada sejumlah hal yang harus klir sebelum turnamen digelar.

"Harus jelas dulu seperti apa formatnya, pembiayaannya, juga keperuntukannya," kata Ponaryo, kepada Bola.net, Kamis (16/04).

"Setelah ini dan sejumlah hal lain klir, barulah kualitas turnamen ini bisa dipertanggungjawabkan," sambungnya.

Ponaryo pun mempertanyakan siapa yang akan menjadi peserta turnamen tersebut. Pasalnya, belakangan, tersiar kabar bahwa turnamen ini hanya bakal diikuti klub-klub Liga 1.

"Jika memang demikian, lalu bagaimana dengan klub-klub Liga 2? Bagaimana nasib pemain-pemain yang bermain di Liga 2? Hal-hal macam ini yang harus dipertanyakan," tutur Ponaryo.

Sebelumnya, sempat muncul wacana akan adanya turnamen yang digelar jika Shopee Liga 1 musim 2020. Turnamen ini disebut-sebut bakal dihelat pada September mendatang.

PSSI sendiri sebelumnya memastikan bahwa Bulan Maret, April, Mei, dan Juni merupakan status keadaan tertentu darurat bencana. Hal ini tak lepas dari merebaknya persebaran Virus Corona di Indonesia.

Dengan status ini, PSSI mengizinkan perubahan kontrak pemain, pelatih, dan ofisial tim peserta kompetisi. Gaji komponen tim ini maksimal 25 persen dari yang tercantum di kontrak.

Selain itu, dalam keputusan tersebut, PSSI juga menunda jadwal lanjutan kompetisi sampai 29 Mei 2020. Jika status darurat bencana tidak diperpanjang pemerintah, kompetisi akan dihelat mulai 1 Juli 2020.

Namun, jika pemerintah memperpanjang status darurat bencana, atau PSSI menganggap kondisi belum ideal, maka musim kompetisi ini akan dihentikan.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Harap Diajak Berdiskusi

Lebih lanjut, Ponaryo pun berharap agar PSSI bisa mendengar suara seluruh stakeholder sepak bola Indonesia dalam mengambil keputusan, termasuk jika jadi merealisasikan wacana turnamen tersebut. Menurutnya, keputusan terbaik akan bisa didapat jika semua pihak yang berkepentingan diajak berdiskusi.

"Apa pun keputusannya, ayo dibicarakan bersama. Kita cari win-win solution," katanya.

"Semua pihak terdampak dengan kondisi ini. Pemain pun terdampak. Ayo mencari solusi terbaik," imbuhnya.

Ponaryo memastikan bahwa pihaknya tak akan menutup mata dengan kondisi yang ada saat ini. Eks kapten Timnas Indonesia ini menyebut bahwa diskusi diperlukan agar semua pihak bisa saling memahami.

"Diskusi bukan cuma sekadar ngotot-ngototan dan tak mau melihat kondisi pihak lain. Ayo berembuk agar semua dapat solusi terbaik," tandasnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR