BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Apa Kata Aji Santoso Tentang Pergantian 5 Pemain di Pertandingan?

15-05-2020 11:17 | Gia Yuda Pradana

Aji Santoso (c) Bola.net/Mustopa El Abdy
Aji Santoso (c) Bola.net/Mustopa El Abdy

Bola.net - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mendukung rencana FIFA menerapkan regulasi pergantian lima pemain di sebuah pertandingan sepak bola. Menurut Aji, ini tak hanya bagus bagi kesehatan di masa pandemi virus corona.

Aji melihat regulasi ini juga membuat pesepak bola belia punya kesempatan bermain lebih banyak.

Munculnya rencana tersebut karena pandemi virus corona, yang melumpuhkan kompetisi di berbagai belahan dunia. IFAB selaku badan yang mengontrol aturan sepakbola telah menyetujui permintaan yang diajukan FIFA tersebut.

Namun, aturan pergantian lima pemain itu tidak berlaku selamanya. IFAB hanya mengizinkan penerapan tersebut sampai 31 Desember 2020, setelah itu bakal kembali peraturan awal yakni pergantian tiga pemain.

1 dari 1 halaman

Tunggu Situasi Kondusif

Latihan Persebaya Surabaya (c) Official Persebaya
Latihan Persebaya Surabaya (c) Official Persebaya

"Bagus menurut saya aturan itu kalau jadi diterapkan. Bagi pemain muda bisa untuk menambah jam terbang mereka. Selama ini mereka kekurangan jam bertanding karena pergantian pemain maksimal hanya tiga orang saja," kata Aji.

Kendati demikian, Aji Santoso menilai kompetisi Shopee Liga 1 2020 tidak perlu dilanjutkan. Penyebaran virus corona di Tanah Air yang belum membaik sampai sekarang menjadi landasan pemikirannya itu.

"Kalau ada penularan virus corona malah bahaya, karena aktivitas sepak bola melibatkan banyak orang. Sebelum situasi kondusif sebaiknya kompetisi jangan digelar dulu," imbuhnya.

Disadur dari: Bola.com/Ario Yosia

Published: 14 Mei 2020

KOMENTAR