BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Adu Taktik Persikabo 1973 vs Madura United di BRI Liga 1: Igor Kriushenko vs Rahmad Darmawan

03-09-2021 11:53 | Afdholud Dzikry

BRI Liga 1 - Duel Pelatih Persikabo Vs Madura United. (c) Bola.net/Adreanus Titus
BRI Liga 1 - Duel Pelatih Persikabo Vs Madura United. (c) Bola.net/Adreanus Titus

Bola.net - Duel seru bakal tersaji di Indomilk Arena, Tangerang hari Jumat (03/09/2021) sore WIB ketika Persikabo 1973 vs Madura United bertemu dalam lanjutan BRI Liga 1 2021-2022 pekan pertama.

Pertemuan ini boleh dikatakan menjadi pertaruhan nama baik kedua pelatih. Pasalnya pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, sempat menorehkan rekor manis saat menangani The Army, julukan Persikabo, pada Liga 1 2019.

Saat itu, Manahati Lestusen dkk tak terkalahkan dalam 13 laga beruntun sejak awal kompetisi. Tetapi rekor mentereng itu terhenti di tangan Bali United pada pekan selanjutnya.

Sempat menang atas PSS Sleman, mimpi buruk mulai datang saat mereka dibekap Persela Lamongan dengan skor telak 1-6. Persikabo tak bisa bangkit, bahkan hingga 16 laga beruntun mereka sama sekali tak bisa meraih kemenangan.

Pencapaian tersebut nyaris menyamai rekor Persegres Gresik United yang gagal menang pada 17 laga beruntun sampai harus terdegradasi pada musim 2017.

Untung saja, Igor Kriuschenko segera datang mengisi posisi yang ditinggalkan Rahmad Darmawan. Magisnya langsung tampak pada laga debutnya kontra tuan rumah Bali United.

Persikabo berhasil menumbangkan Bali United yang kala itu tak menurunkan skuad terbaiknya karena telah dipastikan meraih gelar juara. Kemenangan itu sekaligus memastikan mereka selamat dari degradasi.

1 dari 2 halaman

Historis Madura United Manjakan Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan (c) Bola.com/Aditya Wany
Rahmad Darmawan (c) Bola.com/Aditya Wany

Pertandingan ini bakal jadi kesempatan pertama kedua pelatih bertemu satu sama lain di lapangan. Meski begitu, Rahmad Darmawan mendapat keuntungan dari beberapa statistik menarik yang dicatatkan Madura United.

Laskar Sape Kerrap, julukan Madura United hanya sekali kalah dari Persikabo dalam enam pertemuan di Liga 1. Bahkan, mereka berhasil menang hingga empat kali dan cuma sekali bermain imbang.

Selain itu, Madura United berhasil menyapu bersih kemenangan pada pekan perdana Liga 1 dalam empat tahun terakhir. Hal ini berbanding terbalik dengan Persikabo yang cuma meraih satu kemenangan saja sejak 2017.

Meskipun begitu, RD-sapaan akrab Rahmad Darmawan sedikit mewaspadai kesiapan Persikabo yang jauh lebih bugar ketimbang Madura United, mengingat latihan Laskar Pajajaran terus berkelanjutan.

"Saya pernah berada di sana hampir satu musim. Tapi, saya juga bekerja untuk banyak klub dan sering bertemu dengan mantan klub yang saya latih," tutur RD.

"Persikabo berlatih secara rutin. Saya hitung sudah lima bulan mereka berlatih tanpa jeda. Artinya secara kualitas tim ini harus diperhitungkan dan beberapa individunya saya kenal dengan baik," ucap RD.

2 dari 2 halaman

Antusias

Pelatih Persikabo 1973, Igor Kriushenko, saat melawan Arema FC pada laga Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Minggu (21/3/2021). Kedua tim bermain imbang 1-1. (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan
Pelatih Persikabo 1973, Igor Kriushenko, saat melawan Arema FC pada laga Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Minggu (21/3/2021). Kedua tim bermain imbang 1-1. (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Sementara itu Igor sendiri mengungkapkan sangat antusias menghadapi tim asuhan Rahmad Darmawan di laga pembuka BRI Liga 1 2021/2022.

"Kami sudah tidak sabar mengarungi BRI Liga 1. Persiapan kami akan terlihat pada pertandingan nanti," kata pelatih Tira Persikabo, Igor Kriushenko pada konferensi pers sebelum pertandingan.

"Kami punya mood yang bagus untuk pertandingan pertama nanti. Pastinya kami ingin bermain dan berharap kemenangan," jelas juru taktik asal Belarusia tersebut.

Disadur dari: Bola.com (Wahyu Pratama/Hendry Wibowo; 3/9/2021)

KOMENTAR