BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Adakah Jaminan Liga 1 Takkan Ditunda Lagi Sebelum Kick-off 20 Agustus Nanti?

05-08-2021 16:00 | Gia Yuda Pradana

Liga 1 (c) Instagram/@liga1match
Liga 1 (c) Instagram/@liga1match

Bola.net - PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menggelar Liga 1 musim baru mulai 20 Agustus 2021 nanti. Namun, berkaca dari kejadian-kejadian sebelumnya, wajar jika keraguan tentang kick-off kompetisi ini tetap ada.

Sebelumnya, kompetisi pernah dua kali ditunda hanya beberapa hari sebelum kick-off.

Kejadian pertama berlangsung pada tahun lalu. Dua hari sebelum Liga 1 digelar pada 1 Oktober 2020, kompetisi terpaksa ditangguhkan akibat tidak mendapatkan izin dari kepolisian. Ujung-ujungnya, Liga 1 dibatalkan.

Peristiwa kedua terjadi di tahun ini. PT LIB semula berniat untuk menggulirkan Liga 1 pada 9 Juli 2021. Namun, sepuluh hari sebelum dimulai, kompetisi harus diundur karena permintaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Setelah surat penundaan dari BNPB untuk Liga 1 kedaluwarsa pada 31 Juli 2021, PT LIB sepakat dengan para peserta untuk memulai kompetisi pada 20 Agustus 2021. Adakah jaminan kalau ini tidak akan ditunda lagi?

"Soal jaminan, kami sudah konsiderasi dengan PSSI dan Pak Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Kami juga konsultasi ke Mabes Polri. Kami sampaikan bahwa kami akan memutar Liga 1 pada 20 Agustus 2021," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno menjawab apakah PT LIB menjamin kompetisi dapat tepat waktu atau tidak.

1 dari 2 halaman

Tentang Kabar Pihak Polri Belum Memberikan Izin

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan (c) PSSI
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan (c) PSSI

Kejadian ketiga masih mungkin terjadi saat ini. Sebab, kepolisian dikabarkan belum memberikan izin untuk Liga 1.

Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto menyatakan bahwa pihaknya belum menerbitkan izin dimulainya Liga 1 pada 20 Agustus 2021.

Mabes Polri masih menunggu rekomendasi dari Satgas COVID-19 sebelum menerbitkan izin keamanan untuk Liga 1.

"Belum. Mabes Polri prinsipnya menunggu konfirmasi dari Satgas COVID-19. Kan harus ada rekomendasi pelaksanaan di sana," kata Imam Sugianto dinukil dari Antara, Rabu (4/8/2021).

Imam Sugianto berjanji, jika rekomendasi dari Satgas COVID-19 telah keluar, pihaknya juga bakal memberikan izin untuk Liga 1.

"Yang kedua, terkait dengan wilayah pelaksanaan. Nanti Satgas COVID-19 yang merekomendasikan seperti apa. Kalau itu sudah oke, Mabes Polri tidak ada alasan untuk tidak membantu mengeluarkan izin," imbuh Imam Sugianto.

2 dari 2 halaman

Apa Jawaban PT LIB?

PT Liga Indonesia Baru (c) Bola.com/Dody Iryawan
PT Liga Indonesia Baru (c) Bola.com/Dody Iryawan

Ketika dikonfirmasi terkait kabar izin kepolisian yang belum turun, Sudjarno menjelaskan bahwa PSSI masih berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait rekomendasi untuk Liga 1.

Ketua BNPB, Ganip Warsito juga merangkap sebagai Ketua Satgas COVID-19.

"Rekomendasi dari BNPB yang saat ini sedang dikomunikasikan oleh PSSI," ujar Sudjarno, singkat kepada Bola.com, Kamis (5/8/2021).

Namun, Sudjarno tidak lagi merespons ketika ditanya lebih lanjut tentang kabar belum adanya izin kepolisian untuk Liga 1.

Disadur dari: Bola.com/Muhammad Adiyaksa/Hendry Wibowo

Published: 5 Agustus 2021

KOMENTAR