Abel Camara cs Tumpul dalam Mengancam Gawang Lawan, Ini Kata Manajer Arema FC

Serafin Unus Pasi | 11 Agustus 2022, 21:37
Para pemain Arema FC merayakan gol yang dicetak oleh Abel Camara dalam leg pertama final Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis (14/7/2022) malam. (c) Bola.com/Iwan Setiawan
Para pemain Arema FC merayakan gol yang dicetak oleh Abel Camara dalam leg pertama final Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis (14/7/2022) malam. (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Ali Rifki menegaskan tak akan tinggal diam dengan kondisi timnya yang masih kesulitan dalam membobol gawang lawan. Manajer Arema FC ini mengaku terus berusaha memompa semangat timnya.

"Saya selalu tekankan soal penyelesaian akhir ini dalam setiap sesi latihan," ucap Ali Rifki.

"Selain pelatih yang menginstruksikan taktik dan strategi, saya selalu meminta tolong pemain untuk membenahi akurasi dan penyelesaian akhir mereka dalam pertandingan," sambungnya.

Namun, Ali menyebut bahwa ada hal lain yang juga perlu diperhatikan di balik rendahnya akurasi timnya. Hal tersebut, sambungnya, adalah tim lawan yang selalu memiliki motivasi tinggi tiap kali menghadapi Arema FC.

"Kita nggak bisa cuma lihat Arema tanpa melihat lawan kami," tutur Ali.

"Lawan ini juga bermain, juga melakukan pressing. Mereka juga tak hanya diam di lapangan," ia menambahkan.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Tumpul Ancam Gawang Lawan

Saat ini, Arema FC sendiri memiliki akurasi tembakan yang tak bisa dibilang bagus. Dalam tiga pekan BRI Liga 1 2022/2023, para penggawa Arema FC melepas 42 tembakan. Artinya, rata-rata, dalam tiap laga para penggawa Arema melepas 14 tembakan.

Sementara, dari 42 tembakan tersebut, hanya 15 tembakan dari para penggawa Arema FC yang mengarah ke gawang lawan. Rata-rata, dalam tiap laga, hanya lima tembakan dalam tiap laga yang mengarah ke gawang lawan. Dengan jumlah ini, artinya, akurasi tembakan skuad Arema FC hanya berada di angka 35,71 persen.

Sejauh ini, ada sembilan pemain Arema yang memiliki catatan tembakan akurat ke gawang lawan. Sergio Silva, Jayus Hariono, Gian Zola, M Rafli, Ilham Udin Armaiyn, dan Abel Camara masing-masing mencatatkan dua tembakan on target. Sementara, Bagas Adi Nugroho, Adam Alis, dan Hanis Saghara mencatatkan masing-masing satu tembakan tepat sasaran.

Buruknya penyelesaian akhir Arema FC juga berdampak terhadap raihan gol mereka. Sejauh ini, mereka baru mencetak dua gol. Dua gol Arema FC, dalam tiga laga ini, dicetak Ilham Udin Armaiyn dan Sergio Silva.

2 dari 2 halaman

Almeida Tak Risau

Sementara itu, serangkaian data yang menunjukkan buruknya penyelesaian akhir skuad Arema FC tak membuat risau Eduardo Almeida. Pelatih Arema FC ini tak melihat ada masalah dengan penyelesaian akhir timnya.

"Saya melihat statistik yang ada dengan berbeda," ucap Almeida, beberapa waktu lalu.

Menurut Almeida, ada hal yang lebih penting dari penampilan anak asuhnya. Hal tersebut, sambung pelatih asal Portugal tersebut, adalah kemampuan mereka dalam menciptakan peluang dalam pertandingan.

"Kami berhasil menciptakan peluang demi peluang," kata Almeida.

"Terkadang, pemain lawan berhasil memblok peluang kami. Selain itu, kadang bola juga melenceng dari sasaran. Namun, itu bukanlah sebuah masalah," sambung pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR