9 Tahun Tidak Juara di Kasta Tertinggi, Era Keemasan Jacksen Tiago Sudah Berakhir?

Asad Arifin | 16 Agustus 2022, 13:16
Pelatih Persis Solo, Jacksen F Tiago (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi
Pelatih Persis Solo, Jacksen F Tiago (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Jacksen F Tiago berada dalam posisi sulit menyusul empat kekalahan Persis Solo di BRI Liga 1 2022/2023. Jacksen, yang dulu menjadi pelatih papan atas di Indonesia, kini justru rentan kehilangan jabatannya di Persis.

Persis Solo mengawali BRI Liga 1 musim ini dengan penampilan yang mengecewakan. Laskar Sambernyawa kalah empat kali dari empat laga awal di musim ini.

Banyak pihak lalu mempertanyakan. Apakah magis dari Jacksen sebagai pelatih di Tanah Air sudah hilang? Padahal, pelatih asal Brasil itu menjadi salah satu pelatih paling sukses di Indonesia di era modern.

Jacksen meraih enam gelar sebagai pelatih di Indonesia. Dengan rincian empat gelar Liga 1 (3 Indonesia Super League dan 1 Divisi Utama Liga Indonesia), satu gelar Liga 2, dan satu gelar Indonesia Community Shield.

Jacksen Tiago menjadi satu-satunya pelatih di Liga Indonesia era modern yang mampu meraih empat juara liga kasta tertinggi. Belum ada yang bisa menyainginya sampai saat ini. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

9 Tahun Tidak Juara di Kasta Tertinggi

Jacksen F Tiago (c) Bola.com/Nicklas Hanoatubun

Jacksen F Tiago (c) Bola.com/Nicklas Hanoatubun

Namun, Jacksen F. Tiago sebenarnya sudah sangat lama tidak menjadi juara di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Gelar terakhir itu datang di tahun 2013 lalu.

Saat itu ia membawa Persipura Jayapura menjadi juara Indonesia Super League. Persipura saat itu memang sedang dalam era keemasan.

Mereka diperkuat banyak pemain lokal legendaris. Sebut saja Boaz Solossa, Ricardo Salampessy, Ian Kabes, Manuel Wanggai, Yoo Jae-hoon dan banyak pemain lain. Mereka saat itu sedang ada di usia emas.

Setelah itu tidak ada gelar level tertinggi yang bisa diraih Jacksen. Termasuk saat ia berkarier di Malaysia dengan menukangi Penang.

2 dari 4 halaman

Pernah Singgah di Timnas Indonesia

Jacksen F Tiago (c) Fitri Apriani

Jacksen F Tiago (c) Fitri Apriani

Prestasi Jacksen bersama Persipura Jayapura itu membuat PSSI memberikan kepercayaan kepada Jacksen. Ia sempat mendapatkan kepercayaan menukangi Timnas Indonesia.

Jacksen mendapatkan kesempatan itu kurang lebih satu tahun, yakni pada tahun 2013. Pelatih yang kini berusia 54 tahun sempat menukangi Garuda di ajang kualifikasi Piala Asia 2015.

Satu laga yang cukup ikonik yang pernah dialami Jacksen bersama Timnas Indonesia adalah saat Garuda menjamu Belanda dalam sebuah laga uji coba yang resmi masuk kalender FIFA.

Laga itu berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada 7 Juni 2013. Saat itu Garuda kalah 0-3 dari Oranje berkat dua gol dari Siem De Jong dan Arjen Robben.

3 dari 4 halaman

Dipecat di Tengah Jalan

Jacksen F Tiago memimpin latihan Persipura Jayapura (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Jacksen F Tiago memimpin latihan Persipura Jayapura (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Jacksen kembali menukangi Persipura Jayapura di BRI Liga 1 2021/2022 lalu. Namun, Jacksen dipecat di tengah jalan tepatnya pada 19 November 2021 lalu.

Jacksen dipecat setelah Persipura sembilan kali kalah. Deretan kekalahan di awal musim ini membuat Mutiara Hitam pada akhirnya kesulitan.

Mereka mengusung misi bangkit pada putaran kedua. Namun, kebangkitan Persipura tak terjadi. Mereka harus bermain di Liga 2 musim ini.

Apa yang dialami Persipura di BRI Liga 1 musim lalu itu yang menjadi faktor kekhawatiran para suporter Persis Solo. Mereka tentu tak mau Persis mengalami nasib yang sama dengan Persipura.

Disadur dari Bola.com: Hery Kurniawan/Wiwig Prayugi, 16 Agustus 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR